LAPAN Sebut 11 Provinsi Menjadi Tempat Terbaik Untuk Melihat Gerhana Matahari Total 9 Maret Mendatang

79 views Leave a comment
LAPAN Sebut 11 Provinsi Menjadi Tempat Terbaik Untuk Melihat Gerhana Matahari Total 9 Maret Mendatang

Dailymoslem – Fenomena gerhana matahari total akan dapat disaksikan di Indonesia pada 9 Maret 2016 mendatang. Hal ini membuat Indonesia menjadi negara yang akan banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Bahkan, menurut kabar akan banyak peneliti yang akan menyambangi Indonesia untuk melakukan penelitian.

Sementara itu, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengemukakan 11 provinsi yang akan mengalami Gerhana Matahari Total (GMT), dan menjadi tempat terbaik di dunia untuk memantau fenomena alam tersebut. Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddinmenuturkan, jalur GMT 2016 akan bermula di Palembang (Sumatera Selatan), Bangka Belitung, Sampit dan Palangkara (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate dan Halmahera (Maluku Utara), Sulawesi Barat, Bengkulu, Jambi, Kalimantan Barat.

Sementara itu, masyarakat yang berada di Kota Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado, dan Ambon bisa menikmati fenomena gerhana matahari sebagian. Fenomena alam ini akan terjadi sekitar 1,5 menit hingga 3 menit. Semakin ke arah timur, maka semakin panjang pula waktu gerhana matahari total dapat terlihat. Para peneliti LAPAN pun menjelaskan bahwa setidaknya fenomena tersebut akan terjadi 350 tahun mendatang.

(Visited 236 times, 1 visits today)