Lakukan Tiga Hal Ini Maka Kamu Tak Akan Pernah Merugi

450 views Leave a comment
Lakukan Tiga Hal Ini Maka Kamu Tak Akan Pernah Merugi

Dailymoslem – Kerugian merupakan hal yang sangat dihindari oleh semua orang, terutama para pembisnis. Untuk memastikan tidak merugi, mereka memikirkan berbagai macam cara mulai dari investasi hingga tabungan pada bank-bank terpercaya.

Padahal, hakikatnya Allah telah besaksi demi waktu bahwa manusia berada dalam kerugian. Manusia sampai saat ini masih salah kaprah. Mereka malah berlari mengejar dunia yang dikiranya akan menyelamatkan dirinya sendiri. Sebenarnya mempersiapkan tiga hal ini lah yang akan menyelamatkan diri dari kerugian dunia akhirat.

Menginvestasikan sebagian pendapatan pada sedekah jariyah

Menyisihkan sebagian harta untuk membangun sebuah mushala atau mesjid akan membuat Anda menerima pahala yang terus mengalir di akhirat kelak. Meskipun Anda sudah meninggal, jika ada orang yang menggunakan mushala atau mesjid yang telah Anda bangun, maka Allah akan memberikan pahala secara terus menerus tanpa terputus.

Sedekah jariyah bukan hanya berbentuk mesjid atau tempat ibadah, namun apa saja yang bisa berguna untuk banyak orang. Sesuatu yang akan terus digunakan oleh orang lain dan berguna untuk kehidupannya. Seperti memberikan sejumlah Al-Quran, mukena, atau buku-buku pelajaran pada orang yang membutuhkan.

Menginvestasikan ilmu yang kita miliki sehingga bermanfaat bagi orang lain

Memiliki banyak ilmu yang didapatkan dari bangku sekolah atau perguruan tinggi, sebaiknya dibagikan kembali pada orang lain yang mungkin tak memiliki kesempatan yang sama dengan kita. Alangkah beruntungnya seorang guru yang selalu mengajarkan ilmu pada anak didiknya sehingga kelak ketika mereka sudah dewasa ilmu tersebut dapat berguna bagi kehidupannya.

Jika sudah seperti itu, Insha Allah pahala akan datang mengalir pada kita meskipun nyawa sudah tak dikandung badan.

Menginvestasikan tenaga, pikiran serta dana untuk mendidik anak agar menjadi seorang yang shaleh

Menjadi orang tua yang selalu mengajarkan anaknya untuk selalu menjauhi larangan-larangan Allah dan menjalankan perintah-Nya adalah salah satu investasi paling menguntungkan. Jika sang anak tumbuh menjadi seorang shaleh atau shaleha, maka saat ia mendoakan kita doanya akan diijabah. Bahkan saat kita telah wafat doa-doa tersebut menjadi pahala bagi kita di akhirat. Subhanallah.

 

(Visited 521 times, 1 visits today)