Rupiah Tembus Rp. 14.000, Chatib Basri: Masyarakat Harus Lakukan Keep Buying Strategy

208 views Leave a comment
Rupiah Kian Melemah, Akankah Tembus Rp. 15.000?

Dailymoslem.com – Setelah masyarakat dicemaskan dengan kurs dollar yang terus meningkat dari angka Rp. 13.000,  akhirnya pada tanggal 21 Agustus kemarin Rupiah tembus Rp. 14.001. Lima menit sebelumnya, angka Rupiah di Bloomberg Dollar Index masih berada di angka Rp. 13. 945.

Menurut Chatib Basri, hal ini didukung oleh kenaikan bunga di Amerika Serikat dan juga kebijakan pemerintah China yang melemahkan mata uang negerinya.

“Ini dia yang sekarang terjadi, ketidakpastian pasar keuangan global yang dipicu oleh ketidakpastian akibat kemungkinan terjadinya currency war. Kondisi ini, didukung juga dengan kenaikan bunga di Amerika Serikat dan telah membuat stock market dan mata uang di Asia Tenggara jatuh,” ujar Senior Fellow Harvard Kennedy School Chatib Basri dilansir dari Sidonews.com.

Chatib Basri juga menyarankan agar masyarakat terus melakukan keep buying strategy agar nilai Rupiah tidak terus naik.

“Ini situasi eksternalnya memang tidak pasti. Jadi tampaknya Indonesia harus memberi prioritas pada stabilisasi makro dan sumber pertumbuhan domestik. Misalnya dengan melakukan keep buying strategy seperti yang dilakukan 2013,” tuturnya.

Menurutnya, jika masyarakat Indonesia masih bisa mengeluarkan uang untuk belanja, maka artinya perekonomian masih berjalan. Namun, keep buying strategy ini harus dilakukan dengan mekanisme yang tepat dan jangan sampai menyentuh masyarakat kalangan atas.

Keep buying strategy harus untuk masyarakat berpenghasilan rendah, karena kalau yang Kaya dikasih uang lebih, mereka pasti lebih baik meng-keep. Beda dengan orang berpenghasilan rendah, dikasih uang, pasti langsung belanja. Karena pendapat mereka sehari-hari kan kurang ya. Jadi kalau keep buying ini dipakai sama yang kaya, ya sama saja enggak gerak,” tambahnya.

Ilustrasi featured image: CNN Indonesia.

(Visited 260 times, 1 visits today)