Kronologi Tragedi Mina yang Tewaskan Hingga Lebih Dari 700 Orang

286 views Leave a comment
Kronologi Tragedi Mina yang Tewaskan Hingga Lebih Dari 700 Orang

Dailymoslem – Belum lama setelah tragedi jatuhnya crane yang menewaskan hingga 150 orang lebih di Masjidil Haram, jemaah haji kembali menghadapi duka mendalam dengan tewasnya 700 orang lebih dalam tragedi Mina.

Dalam ritual lempar jumroh yang dilakukan di Mina, sekitar 700 orang lebih jemaah haji menjadi syuhada dalam kerumunan orang yang berdesakan di Jalan Arab 204.

Peristiwa ini terjadi ketika rombongan jemaah haji yang akan melakukan ritual lempar jumroh bertemu dengan rombongan jemaah haji yang selesai melakukan ritual lempar jumrah di waktu subuh. Pada pukul 7 pagi waktu Saudi, kedua rombongan berlawanan arah yang bertemu di Jalan Arab 204 ini kemudian menyebabkan rombongan jema’ah di depan terhenti dan rombongan dari belakang tetap berdatangan.

Penumpukan jamaah yang berdesakan ditambah dengan cuaca yang mulai panas menyebabkan banyak jama’ah kehabisan oksigen di tengah kerumunan orang dan terinjak-injak. Dalam hitungan menit, jumlah korban meninggal terus bertambah hingga lebih dari 300 jemaah haji.

Pemerintah Saudi kemudian mengerahkan tim penyelamat yang berjumbah 4000 personel dan juga 200 mobil ambulans untuk mengevakuasi korban.

 

(Visited 369 times, 1 visits today)