Kronologi Jatuhnya Crane Di Masjidil Haram

183 views Leave a comment
Kronologi Jatuhnya Crane Di Masjidil Haram

Dailymoslem – Para Jema’ah haji yang sedang menunaikan ibadah haji, Jum’at (11/09) kemaren dikagetkan dengan peristiwa jatuhnya crane yang menimpa atap masjid Masjidil Haram. Tragedi ini menewaskan puluhan jema’ah dan juga ratusan lainnya luka-luka.

Kronologi jatunya crane di Masjidil Haram dituturkan oleh Lana Soelistianingsih, Ekonom Universitas Indonesia yang sedang berada di lokasi saat kejadian berlangsung, dilansir dari tempo.co.id. Kejadian berawal dari hujan derasa yang disertai angin kencang dan butiran es yang menimpa kota Mekkah di waktu Ashar, tepatnya pukul 17.00 waktu Mekkah.

Pada saat crane jatuh, Lana berada di lokasi yang cukup jauh dengan titik jatuhnya crane, namun Lana mengakui bahwa suaranya begitu keras terdengar sampai tempat dirinya berada. Semua jama’ah langsung dilanda kepanikan untuk segera keluar dari Masjidil Haram.

Namun, tidak ada jama’ah yang berteriak, semua orang keluar Masjidil Haram dengan tertib. Lana sendiri membutuhkan waktu hingga 10 menit untuk bisa keluar dari Masjidil Haram melalui pintu yang banyak jumlahnya.

Badai yang melanda Mekkah masih terus berlangsung hingga pukul 21.00. Sementara di lokasi kejadian aksi penyelamatan berlangsung cepat dan tertib.

“Sebagai umat muslim, banyak yang mau meninggal di Masjidil Haram. Apalagi kejadiannya hari Jumat. Insya Allah kusnul khatimah dan disalatkan Imam Besar Masjidil Haram,” tutur Lana.

Sekitar 20 warga Indonesia terluka dan 1 tewas karena peristiwa ini. Keluarga di Indonesia juga diharapkan untuk tenang karena para korban ditangani tenaga medis yang profesional.

(Visited 146 times, 1 visits today)