Kondisi Stress Bisa Perparah Pikun Pada Lansia

105 views Leave a comment
Kondisi Stress Bisa Perparah Pikun Pada Lansia

Dailymoslem – Pernahkan Anda menemukan orang di usia lanjut dengan pikun yang sangat parah? Bahkan sampai tidak mengenali anaknya sendiri dan orang terdekat lainnya. Atau mungkin orangtua Anda sendiri mengalami pikun yang demikian?

Kondisi pikun yang parah pada orang lanjut usia ternyat bisa dipengaruhi oleh tingkat stress yang tinggi. Hal ini dibuktikan dalams ebuah studi terhadap l507 orang lansia berusia 71 tahun. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa semakin tinggi tingkat stress yang dialami orang-orang tersebut di awal studi, semakin tinggi juga risikonya untuk mengalami masalah ingatan.

Selain itu, ditemukan jgua bahwa tingkat stress pada perempuan lebih tinggi karena sifat perempuan yang lebih emosional dan sensitif. Dalam penelitian yang dilakukan di Albert Einstein College of Medicine ini juga ditemukan bahwa tingkat stress yang rendah bisa menunda bahkan mencegah penyakit Alzheimer.

Hubungan antara stress dan penurunan ingatan ini juga ditemukan dari riset seebelumnya yang dipimpin oleh dokter Richard Lipton. Dalam penelitian yang dilakukan pada hewan tersebut ditemukan bahwa ketika mereka mengalami stress kronik maka bagian otakyang bertanggung jawab terhadap ingatam, hippocamus, juga mengalami penyusutan.

“Sebenarnya stres merupakan faktor risiko yang dapat dimodifikasi. Ada berbagai cara untuk menurunkan stres seperti olahraga maupun bersosialisasi dengan orang lain,” terang Lipton kepada Live Science dikutip Kamis (17/12/2015).

(Visited 142 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS