Kisah Henry Jufri, Kuli Panggul Lulusan SD yang Dapat Ratusan Dollar dari Google

126 views Leave a comment
Kisah Henry Jufri, Kuli Panggul Lulusan SD yang Dapat Ratusan Dollar dari Google

Dailymoslem – Seiring perkembangan zaman, bisnis digital menjadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan. Termasuk bisnis aplikasi android yang dilakoni Henry Jufri. Lelaki berusia 32 tahun asal Makassar ini hanyalah seorang kuli panggul lulusan SD yang tidak pernah menyangka bisa menghasilkan ratusan dollar dari profesi yang dikerjakannya.

Pendidikannya yang bahkan tak genap sampai kelas 6 SD ini menjadikan Henry hanya bekerja sebagai kuli panggul. Ia hanya sempat menyelesaikan sekolah hingga kelas 4 SD. Namun, beberapa waktu belakangan ini Henry mendapat penghasilan tambahan hingga ratusan dollar dari bisnis digital yang dijalaninya.

Perkenalannya dengan bisnis digital ini awalnya dari sebuah komunitas developer aplikasi yang ada di Makassar. Melalui komunitas ini dan ilmu yang ia gali sendiri, Henry mempelajari ilmu coding aplikasi android dari nol secara otodidak.

Lama kelamaan, Henry mulai yakin bahwa bisnis ini bisa menjanjikan untuk dirinya sehingga Henry tak ragu untuk mengeluarkan modal demi bisa mempraktekkan ilmunya.

Bermodalkan Laptop Bekas 800 Ribu

Bermodal nekat, Henry membeli laptop bekas seharga Rp. 800 ribu untuk dirinya mempraktekkan ilmunya. Namun karena pengetahuannya masih kirang, laptop bekas tersebut ternyata janya memiliki memori RAM sebesar 1 GB, sedangkan ia membutuhkan memori RAM minimal 2 GB untuk dapat membuat aplikasi android.

Ayah 2 anak ini kemudian meminjam uang sebesar Rp 2,7 juta pada keluarganya untuk membeli laptop dengan spesifikasi yang ia butuhkan. Dengan laptop tersebut kemudian Henry berhasil menciptakan berbagai aplikasi Android yang menjadi pundi-pundi uangnya. Beberapa aplikasi yang berhasil diciptakan Henry di antaranya adalah game Unyil the Adventure, Ninja Konoha run, King Arthur dan berbagai aplikasi lain termasuk aplikasi untuk belajar huruf dan angka untuk anak usia balita.

Pernah Hampir Menyerah

Meski kedengarannya begitu mudah, perjalanan Henry Jufri ini bukan tanpa tantangan. Ia bahkan pernah hampir menyerah di awal masa pengembangan. Awalnya Henry merasa tak yakin dirinya bisa menyelesaikan semuanya. Namun karena ia sudah terlanjur mengeluarkan modal untuk laptop, akhirnya Henry meneruskan usahanya mengembangkan aplikasi.

Pelan-pelan, hasil dari usahanya mulai kelihatan. Henry mendapatkan penghasilan dari Google sebagai kompensasi profit sharing aplikasi miliknya yang semakin banyak diunduh di Google Playstore. Sejak mulai mengembangkan aplikasi pada Oktober 2014 lalu, Henry mendapatka penghasilan mulai dari $100 per bulan. Lama-kelamaan penghasilannya terus meningkat hingga US$ 1.200.

Henry mengaku menyayangkan karena banyak anak muda masa kini yang sebenarnya memiliki akses lebih banyak dan besar pada bisnis yang dijalaninya ini, namun tidak benar-benar memanfaatkan kesempatan yang dimilikinya tersebut.

Gimana, ada yang berminat menghasilkan uang ratusan dollar dari Google seperti Henry?

(Visited 654 times, 1 visits today)