Keutamaan Shalat Berjamaah di Mesjid Ternyata Lebih Besar Dari Kesuksesan Dunia

141 views Leave a comment
Keutamaan Shalat Berjamaah di Mesjid Ternyata Lebih Besar Dari Kesuksesan Dunia

Dailymoslem – Shalat menjadi sebuah kewajiban seorang manusia pada Allah Subhanahu wa Ta’ala, Sang Pencipta alam semesta. Selain wajib untuk dilaksanakan 5 kali setiap harinya, kita juga sebagai seorang Muslim yang baik harus memperhatikan kesempurnaan shalat. Termasuk apakah shalat kita berjamaah di mesjid atau tidak.

Sekarang ini, banyak sekali Muslim khususnya anak muda yang enggan shalat berjamaah di mesjid. Entah dikarenakan kesibukannya atau kemalasannya. Padahal, selain mendapatkan ganjaran yang jauh lebih besar ada keutamaan lain yang dapat diraih dengan melaksanakan shalat berjamaah di mesjid. Keutamaan apa saja? Berikut penjelasannya.

Setiap langkahnya dinilai sebagai sedekah

Bersedekah merupakan sebuah amal ibadah yang memiliki keutamaan tersendiri. Selain dapat mempermudah urusan di kemudian hari, sedekah juga bisa menjadi salam satu hal yang terus mengalirkan amal meski kita sudah meninggal. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

وَكُلُّ خَطْوَةٍ تَمْشِيهَا إِلَى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ

“Setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah.” (HR. Muslim)

Setiap langkah menjadi penghapus kejelekan

Manusia diciptakan sebagai makhluk yang tidak sempurna dan dapat melakukan sebuah kesalahan. Melaksanakan shalat berjamaah di mesjid dapat menghapus kejelekan-kejelekan yang pernah dilakukan.

كُلُّ خُطْوَةٍ يَخْطُوهَا إِلَى الصَّلاَةِ يُكْتَبُ لَهُ بِهَا حَسَنَةٌ وَيُمْحَى عَنْهُ بِهَا سَيِّئَةٌ

“Setiap langkah menuju tempat shalat akan dicatat sebagai kebaikan dan akan menghapus kejelekan.” (HR. Ahmad)

Menghapus dosa dan Meninggikan derajat

مَنْ تَطَهَّرَ فِى بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِىَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

“Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu dia berjalan menuju salah satu dari rumah Allah (yaitu masjid) untuk menunaikan kewajiban yang telah Allah wajibkan, maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan dosa dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajatnya.” (HR. Muslim)

Masya Allah, sungguh banyak keutamaan yang bisa kita dapatkan dengan melakukan shalat berjamaah di mesjid. Lalu, akankah kita menggadaikan kehidupan akhirat yang abadi hanya untuk dunia yang fana ini?

 

Baca juga:

Haram! Berjamaah Berdua Dengan Bukan Muhrim

Setan Seperti Anak Kambing Isi Bagian Yang Renggang Dalam Shalat

Benarkah Wanita Belum Boleh Shalat Dzuhur Sebelum Lelaki Selesai ‘Jumatan’ ?

(Visited 485 times, 1 visits today)