Keutamaan Puasa Rajab

162 views Leave a comment
Keutamaan Puasa Rajab

Dailymoslem – Bulan Rajab yang merupakan salah satu bulan yang dimuliakan, karena termasuk dalam 4 bulan haram lainnya yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman yang artinya:

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah yaitu dua belas bulan, dalam ketentuan Allah di saat Dia membuat langit serta bumi, salah satunya 4bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu. ” (Q.S At-Taubah: 6)

Rasulullah saw. pernah bersabda,

“Berpuasalah di bulan haram, lalu jangan puasa (kecuali Ramadhan) … ” (HR. Ahmad, Abu Daud, Al-Baihaqi).

Dalam hadits tersebut, dikatakan bahwa puasa sunnah yang disarankan bukan hanya di bulan Rajab, tapi juga di 4 bulan haram lainnya. Puasa di bulan Rajab menjadi tidak tepat jika dianggap sebagai puasa khusus yang setara dengan bulan Ramadhan ataupun bulan-bulan lainnya. Berikut keutamaan puasa rajab.

  • Diriwayatkan bahwa jika Rasulullah SAW masuk bulan Rajab beliau berdo’a : “Ya, Allah berkahilah kami di bulan Rajab (ini) serta (juga) Sya’ban, dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan. ” (HR. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik).
  • “Siapa saja berpuasa pada bulan Rajab 1 hari, maka laksana ia puasa sepanjang satu bulan, seandainya puasa 7 hari maka ditutuplah untuk dia 7 pintu neraka Jahim, seandainya puasa 8 hari maka dibukakan untuk dia 8 pintu surga, apabila puasa 10 hari maka digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan.”
  • Riwayat al-Thabarani dari Sa’id bin Rasyid : “Barangsiapa berpuasa 1 hari di bulan Rajab, maka ia laksana berpuasa satu tahun, seandainya puasa 7 hari maka ditutuplah untuk dia pintu-pintu neraka jahanam, seandainya puasa 8 hari dibukakan untuk dia 8 pintu surga, seandainya puasa 10 hari, Allah akan mengabulkan semuanya permintaannya..”
  • “Sesungguhnya di surga ada sungai yang diberi nama Rajab, airnya lebih putih dari pada susu serta rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa 1 hari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai itu”.
  • Riwayat (secara mursal) Abul Fath dari al-Hasan, Nabi Muhammad SAW bersabda : “Rajab itu bulannya Allah, Sya’ban bulanku, serta Ramadan bulannya umatku.”
  • Sabda Rasulullah SAW lagi : “Pada malam mi’raj, aku melihat satu sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu serta lebih harum dari parfum, lalu aku bertanya pada Jibril a.s.: “Wahai Jibril buat siapakan sungai ini? ”Maka berkata Jibrilb a.s.: “Ya Muhammad sungai ini yaitu untuk orang yang membaca salawat untuk engkau di bulan Rajab ini”.
(Visited 148 times, 1 visits today)