Keutamaan Berpuasa Enam Hari Di Bulan Syawal

588 views
ketupat

Dailymoslem – Setelah digembleng selama sebulan penuh dengan berbagai ibadah, di bulan Syawal ini juga ada ibadah yang memiliki keutamaan dan keistimewaannya tersendiri, yaitu berpuasa Syawal sebanyak enam hari.

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim no. 1164).

Hadist lain mengatakan:

Dari Tsauban, bekas budak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

Barangsiapa berpuasa enam hari di bulan Syawal setelah Idul Fithri, maka ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Karena siapa saja yang melakukan kebaikan, maka akan dibalas sepuluh kebaikan semisal.”  (HR. Ibnu Majah no. 1715. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Dalam kedua hadist tersebut dikatakan bahwa dengan berpuasa Syawal sebanyak enam hari, maka sama saji kita melakukan puasa selama setahun penuh.

(Baca juga: Mana yang Harus Didahulukan, Puasa Syawal atau Qadha?)

Di bulan Syawal, godaan untuk untuk mereka yang berpuasa memang cukup kuat. Apalagi, di bulan ini kita baru saja selesai melaksanakan puasa Ramadhan selama sebulan penuh. Selain karena makanan Lebaran masih banyak di rumah, biasanya di bulan-bulan ini juga kita ingin kembali menikmati berbagai makanan lain yang mungkin tidak sempat kita makan selama bulan puasa.

(Baca juga: Kenapa Lebaran Identik dengan Ketupat?)

Tapi, masihkah kita ingin menikmati euforia makan-makan setelah Lebaran jika tahu balasan dari enam hari puasa Syawal sama dengan berpuasa setahun penuh?

Karena sesungguhnya dunia ini adalah penjara bagi mereka yang beriman.

(Visited 1,011 times, 1 visits today)