Keunikan Pernikahan Etnis Muslim Di China

430 views Leave a comment
chinese-muslim

Dailymoslem – China memang bukan negara dengan mayoritas masyarakat muslim, namun begitu tidak berarti disana sama sekali tidak ada agama Islam. Beberapa wilayah kecil China bahkan dihuni oleh banyak masyarakat muslim, dan menurut survey yang dilakuan banyak sekali generasi muda China yang beragama Islam.

Lalu apakah masyarakat muslim China masih mengikuti budaya China yang sangat kental?

Sebagai agama yang hanya tunduk kepada satu aturan dan satu Tuhan yaitu Allah Subhanahu wa Ta’ala, sudah sewajarnya mereka yang muslim harus meninggalkan kepercayaan lain yag berhubungan dengan syirik atau percaya pada sesuatu yang lain. Seperti mitos, takhyul termasuk adat-adat pernikahan China.

Orang China biasanya memasukan beberapa adat yang berhubungan dengan mitos didalam pernikahan. Misalnya paket uang yang dipercaya akan menambah kekayaan pasangan, kemudian karakter China yang ditulis pada kertas merah disusul menyalakan petasan sebagai takhyul mengusir roh jahat serta pembacaan horoskop yang berbau ramalan.

Pada pernikahan muslim China, tentunya adat-adat tersebut ditiadakan. Meskipun gaun pengantin masih kental dengan ciri khas budaya china yang memiliki warna merah perlambang keberuntungan. Selayaknya muslim di negara lain, muslim China pun melakukan akad nikah di mesjid yang biasanya dilakukan sehari sebelum resepsi.

Saat itu, penghulu akan membacakan hak-hak nikah kemudian pihak leleki memberikan mas kawin dan seserahan seperti pakaian dan juga perhiasan. Selain itu ada tradisi unik yang dilakukan oleh kedua mempelai yaitu berbagi roti asin sebagai lambang cinta dan kesetiaan. Kedua mempelai akan beradu cepat megambil roti, siapa yang paling cepat dianggap sebagai pihak yang lebih setia.

Khutbah nikah pun dilakukan oleh muslim China, biasanya ini dilakukan sebelum akad berlangsun. Setelah upacara pernikahan selesai, mereka pun menyembelih sapi yang nantinya akan dibagi-bagikan pada tamu undangan dan juga mereka yag membutuhkan.

Dalam hal pernikahan ini, salah satu etnis muslim China yang bernama Hui memiliki peraturan yang sangat tegas, yaitu tidak memperbolehkan keturunannya menikah dengan non-muslim kecuali mereka bersedia membawa pasangannya untuk pindah menjadi muslim juga.

Baca Juga:

Unik, Mahasiswa China Buat Fashion Show Dari Kertas

Luar Biasa, Pria China Ini Mampu Berjalan Diatas Air

5 Fakta Kesewenangan China Untuk Larang Muslim Uighur Puasa

(Visited 406 times, 1 visits today)