Ketahui Penyebab Terjadinya Tumor Jinak Di Payudara

93 views Leave a comment
Ketahui Penyebab Terjadinya Tumor Jinak Di Payudara

Dailymoslem – Tumor jinak di payudara merupakan bibit dari tumor ganas atau kanker [ayudara yang dapat membahayakan kesehatan, jika tidak diatasi dengan baik sejak dini. Hal ini juga dialami oleh aktris cantik Pevita Pearce yang baru saja menjalani operasi pengangkatan tumor di payudaranya.

Tumor jinak bisa diatasi dengan operasi pengangkatan tumor, lalu penyakit berhenti sampai operasi. Sedangkan tumor ganas atau kanker payudara ditangani dengan opeasi pengangkatan payudara atau masektomi, yang juga masih berlanjut dengan berbagai terapi dan konsumsi obat untuk membunuh sel kanker.

Lalu, apa yang menjadi penyebab tumbuhnya tumor jinak di payudara?

Ketua Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN) Prof. DR dr Soehartati Gondhowiarjo SpRad (K) Onk mengungkapkan, munculnya tumor jinak pada payudara disebabkan oleh banyak faktor.

“Tumor jinak itu dipengaruhi hormonal dan juga faktor gaya hidup,” ujar dokter yang akrab disapa Tati, Selasa (12/4/2016).

Adalah hormon estrogen yang memengauhi tumbuhnya sel tumor. Selain itu, juga gaya hidup seperti pola makan, aktivitas fisik dan tingkat stress seseorang. Gaya hidup tak sehat seperti konsumsi junk food, kurang aktivitas disik, merokok, konsumsi alkohol dan stress dapat menyebabkan timbulnya benjolan tak normal di payudara atau tumor jinak.

“Pola makan kita sekarang kan banyak yang berubah dengan jaman dulu, faktor stres juga. Jadi harus jaga pola hidup sehat,” imbuh Tati, seperti dilansir dari sehatmagz.com.

Untuk memastikan tumor di payudara sifatnya jinak atau ganas, pasien bisa melakukan pemeriksaan dengan biopsi atau pengambilan sampel jaringan. Menurut Tati, biopsi terbaik saat ini adalah dengan cara biopsi jarum halus. Hasilnya kemudian akan diperiksa melalui mikroskop.

(Visited 212 times, 1 visits today)