Ketahui 6 Tanda Tubuh Yang Mengalami Diabetes

107 views Leave a comment
Ketahui 6 Tanda Tubuh Yang Mengalami Diabetes

Dailymoslem – Diabetes atau penyakit yang timbul karena ketidakmampuan tubuh untuk mengendalikan kadar gula dalam darah ini sangat mudah menyerang mereka yang memiliki bobot berlebih. Bukan hanya itu saja, diabetes lebih berisiko diderita oleh mereka yang memiliki keturunan penderita diabetes.

Sayangnya banyak penderita diabetes yang telat mengetahui tanda-tanda bahwa dirinya menderita diabetes. Akibatnya, penyakit tersebut baru diobati ketika sudah semakin parah. Untuk mengatasi hal itu, sebaiknya kita mengetahui beberapa tanda-tanda penyakit diabetes.

Sering merasa ingin buang air kecil

Seseornag yang menderita diabetes biasnaya seringkali buang air kecil. Hal ini dikarenakan tubuhnya kekurangan insulin yang mengakibatkan ginjal tidak bisa menyaring glukosa yang berlebih dalam darah. Alhasil, ginjal akan menarik banyak air dalam darah untuk menghancurkannya. Sayangnya, sisa air yang digunakan akan terus memenuhi kandung kemih dan akhirnya penderita merasakan ingin buang air kecil terus menerus.

Terus menerus haus

Hal yang kemudian terjadi adalah penderita diabetes akan terus menerus merasakan haus. Saat insulin tubuh menurun, maka tubuh akan membutuhkan air yang lebih banyak untuk menghancurkan glukosa. Pada akhirnya hasrat untuk minum akan semakin besar.

Disamping hal itu, penderita diabetes pun akan merasa lemah dan lelah sepanjang hari. Bahkan setelah semalaman tidur dengan waktu yang sangat cukup atau seharian tidak melakukan apapun.

Kulit berubah menghitam dan kusam

Penyakit diabetes yang dialami ternyata mampu memunculkan gangguan kulit. Beberapa bagian tubuh seperti leher, sikut dan lutut biasanya akan beragsur mengitam yang biasanya disebut dengan istilah acanthosis nigricans. Hal ini dikarenakan resistensi insulin dalam tubuh.

Selain itu, biasnaya kulit pun akan mudah mengering dan terasa gatal yang biasanya sulit disembuhkan atau memerlukan waktu yang lama untuk disembuhkan. Namun, kondisi ini akan berangsur menghilang jika gula dalam darah terkendali.

 

Mengalami mata rabun tiba-tiba

Jika sebelumnya mata masih sangat normal dan kemudian tiba-tiba pandangan menjadi kabur dan berlangsung lama, maka kemungkinan hal itu diakibatkan oleh diabetes. Kadar gula yang tinggi dalam darah mampu merusak pembuluh darah kapiler yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kabur. Kondisi yang disebut dengan diabetic retinopathy bisa terjadi pada satu mata ataupun keduanya.

Bobot tubuh berkurang secara signifikan

Berat badan yang turun ke angka ideal memang menjadi salah satu kabar bahagia untuk sebagian orang. Namun, apabila bobot tubuh turun tanpa penyebab yang jelas, tentu Anda harus waspada.

Tubuh yang menderita diabetes akan kesulitan mencerna kalori yang masuk ke dalam tubuh. Sehigga asupan makanan tersebut akan keluar dengan begitu saja tanpa ada proses penyerapan dengan efektif.

Seringkali merasa kesemutan

Kesemutan memang merupakan hal yang wajar terjadi pada tubuh. Hal ini terjadi ketika salah satu anggota tubuh seperti kaki atau tangan yang terlalu lama terlipat. Namun, jika mengalami kesemutan yang tiba-tiba padahal tidak ada satupun anggota yang terlipat maka hal ini bisa saja diakibatkan oleh diabetes.

Nah, jika Anda mengalami beberapa hal di atas sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang paling baik.

 

Baca juga:

Biji Kenari Ternyata Dapat Perkecil Risiko Diabetes

Ternyata Makanan Ini Bisa Sebabkan Penyakit Jantung, Stroke dan Diabetes

Merokok Dapat Sebabkan Diabetes Melitus?

Penyebab Memar Tiba-Tiba Di Badan, Mulai Dari Kurang Vitamin Sampai Diabetes

 

(Visited 356 times, 1 visits today)