Ketahui 3 Faktor Penyebab Keguguran Ibu Hamil

146 views Leave a comment
Ketahui 3 Faktor Penyebab Keguguran Ibu Hamil

Dailymoslem – Keguguran merupakan momok yang sangat menakutkan bagi para wanita yang tengah hamil dan memang sudah lama menantikan kehadiran buah hati. Sayangnya, kadang-kadang tidak banyak wanita yang mengetahui apa saja yang menyebabkan keguguran tersebut.

Keguguran sendiri merupakan kondisi dimana janin keluar sebelum ia dapat berusaha bertahan hidup. Parahnya lagi menurut Ingrid Rodi, M.D., dari The Fertility Center in Santa Monica, seperti yang dilansir dari vemale.com bahwa 30 persen wanita keguguran karena tidak mengetahui bahwa dirinya sedang hamil. Lalu apa sajakah penyebab wanita mengalai keguguran?

Kelainan Janin

Kondisi ini diakibatkan dari janin yang berkembang dengan tidak sempurna. Sehingga secara otomatis akan dikeluarkan oleh tubuh karena embrio yang tumbuh tidak dapat bertahan hidup secara normal.

Kelainan Pada Ibu

Kondisi tubuh Ibu pun dapat menjadi salah satu faktor terjadinya keguguran. Contohnya, Ibu memiliki kelainan pada sistem hormonalnya atau memiliki penyakit menahun atau sistem kekebalan tubuh yang teramat lemah. Bisa juga karena Ibu memiliki miom pada rahim yang akhirnya mengganggu pertumbuhan embrio.kelainan lain yaitu rahim terlalu lemah sehingga tidak mampu menahan berat janin yang sedang berkembang. Kehamilan dalam rahim yang terlalu lemah. Selain itu, bisa juga dikarenakan si Ibu terinfeksi virus seperti HIV, TORCH, hepatitis dan lain sebagainya.

Gaya Hidup

Selain kondisi tubuh, kebiasaan hidup juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan janin. Wanita yang cenderung merokok, mengkonsumsi minuman keras, obesitas atau berat badan kurang dapat memiliki gangguan hormon yang berakibat gangguan kehamilan.

Tiga poin tersebut merupakan sebagian dari faktor keguguran yang seringkali terjadi. Oleh karena itu, jagalah kesehatan tubuh mulai dari sekarang sehingga kelak janin yang tumbuh di rahim akan senantiasa sehat dan lahir dengan kondisi sempurna.

 

Baca juga:

 

(Visited 105 times, 1 visits today)