Kesadaran Konsumsen Indonesia untuk Memilih Produk Halal Ternyata Masih Rendah

108 views Leave a comment
Kesadaran Konsumsen Indonesia untuk Memilih Produk Halal Ternyata Masih Rendah

Dailymoslem – Sebagai negara yang bermayoritas masyarakat Muslim, konsumen Indonesia ternyata masih memiliki kesadaran yang rendah untuk memilih produk halal, seperti disampaikan oleh Direktur Halal Corner, Aisha Maharani.

Menurutnya, hal ini disebabkan karena pandangan masyarakat akan produk halal tersebut yang belum menganggapnya sebagai kebutuhan. “Karena halal itu dilihat hanya sekedar wajib, bukan sebagai kebutuhan,” tutur Aisha.

Hal ini mungkin juga disebabkan karena masyarakat Indonesia terlalu nyaman berada di negara yang tampaknya semua makanan dapat terjamin kehalalannya. Indonesia memang didominasi oleh masyarakat Muslim yang membuat konsumen yakin bahwa produk yang didapatkannya berasal dari produsen Muslim. Justru produk non-halal yang memiliki ‘ciri’ tersendiri untuk membedakan diri.

Meski begitu, Aisha berpendapat bahwa masyarakat Indonesia perlu untuk lebih peka dalam hal memilih produk halal. Dengan begitu, produsen juga akan memiliki tuntutan untuk menyertifikasi produk-produknya. “Kalau sudah sampai tingkatan butuh, dengan sendirinya konsumen akan memaksa produsen untuk menyertifikasi halal,” jelasnya.

Aisha juga berpendapat bahwa selama ini masyarakat baru akan memperhatikan produk yang dikonsumsinya setelah mencuat kasus atau penemuan produk-produk dengan kandungan bahan haram. Misalnya makanan yang mengandung babi tanpa disadari. “Tapi apakah harus dengan contoh kasus melulu biar sadar,” ucap Aisha.

Bagaimana menurut Muslim Friends?

sumber: halhalal.com.

(Visited 96 times, 1 visits today)