Kenapa tempat Sholat Wanita Di Masjid-Masjid Selalu Lebih Sempit Dari Tempat Sholat Pria?

533 views
ruang sholat wanita

Dailymoslem – Di hampir semua masjid atau mushola di tempat-tempat umum, kita sering menemukan tempat sholat wanita yang terkadang jauh lebih kecil daripada tempat sholat pria. Terkadang malah hanya sedikit sudut kecil di masjid yang disisakan untuk tempat sholat wanita.

Lalu, kenapa tempat sholat perempuan selalu lebih sedikit daripada tempat sholat laki-laki?

Dalam hadist dan riwayat dikatakan bahwa perempuan tidak memiliki kewajiban untuk mengunjungi masjid untuk sholat berjama’ah. Bagi perempuan, sholat di kamar atau di rumah akan lebih baik daripada sholat di masjid.

(Baca juga: Masjid Lautze, Dari Pusat Informasi Muslim Tionghoa, Hingga Tempat Belajar Anak Kurang Mampu)

Ibnu Hazm rahimahullah berkata (Al-Muhalla, 3/125): “Tidak diwajibkan bagi kaum wanita untuk menghadiri shalat maktubah (shalat fardhu) secara berjamaah. Hal ini merupakan perkara yang tidak diperselisihkan (di kalangan ulama).” Beliau juga berkata: “Adapun kaum wanita, hadirnya mereka dalam shalat berjamaah tidak wajib, hal ini tidaklah diperselisihkan. Dan didapatkan atsar yang shahih bahwa para istri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam shalat di kamar-kamar mereka dan tidak keluar ke masjid.” (Al-Muhalla, 4/196)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri telah bersabda kepada para wanita:
“Shalatnya salah seorang di makhda’-nya (kamar khusus yang digunakan untuk menyimpan barang berharga) lebih utama daripada shalatnya di kamarnya. Dan shalatnya di kamar lebih utama daripada shalatnya di rumahnya. Dan shalatnya di rumahnya lebih utama daripada shalatnya di masjid kaumnya. Dan shalatnya di masjid kaumnya lebih utama daripada shalatnya bersamaku.” (HR. Ahmad, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban dalam Shahih keduanya. Dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Jilbab Al-Mar’ah Al-Muslimah, hal. 155)

Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam juga bersabda:
“Jangan kalian mencegah hamba-hamba perempuan Allah dari shalat di masjid-masjid-Nya.” (Shahih, HR. Al-Bukhari no. 990 dan Muslim no. 442)

Dalam riwayat Abu Dawud (no. 480) ada tambahan:
“meskipun rumah-rumah mereka lebih baik bagi mereka.” (Dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahih Abu Dawud no. 576 dan dalam Al-Misykat no. 1062)

Kebiasaan orang untuk memberi sedikit tempat saja untuk sholat wanita mungkin berawal dari nasihat bahwa wanita memang lebih baik sholat di rumah daripada di masjid. Namun, wanita memang sebaiknya menjalankan sholat di rumah saja daripada di masjid. Namun, kadang kita para wanita harus melakukan sholat di masjid, mushola atau tempat sholat umum saat sedang berada di perjalanan atau sedang bepergian.

(Baca juga: 10 Masjid Paling Unik Di Dunia)

Nah, meskipun ruang untuk sholat wanita selalu lebih sempit daripada ruang untuk sholat pria, semoga para pengelola masjid dan mushola tetap memperhatikan kenyamanan kedua ruang tersebut untuk sholat, ya.

(Visited 623 times, 1 visits today)