Kenapa Banyak Orang Menikah Setelah Lebaran?

1773 views
doa untuk mempercepat jodoh

Dailymoslem – Menikah di bulan Syawal atau beberapa saat setelah Lebaran sudah menjadi salah satu tradisi masyarakat muslim. Rasulullah juga men-sunnahkan untuk menikah di bulan Syawal, beliau menikahi Aisyah ra dan beberapa istri lainnya di bulan Syawal.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menikahiku di bulan Syawal, dan membangun rumah tangga denganku pada bulan syawal pula. Maka isteri-isteri Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassalam yang manakah yang lebih beruntung di sisinya dariku?” (Perawi) berkata, “Aisyah Radiyallahu ‘anhaa dahulu suka menikahkan para wanita di bulan Syawal” (HR. Muslim).

(Baca juga: Hati-Hati, 3 Tradisi Pernikahan Ini Sebenarnya Tidak Ada Dalam Islam)

Rasulullah awalnya menikahi Aisyah di bulan syawal untuk menepis anggapan bangsa Arab jahiliyah yang menganggap bahwa bulan syawal adalah bulan yang sial untuk menikah. Mereka meramalkan perceraian akan datang bagi mereka yang menikah di bulan syawal. Pasalnya, unta betina mengibaskan ekor mereka dan tidak ingin unta jantan mendekat mereka di bulan syawal. Masyarakat Arab menganggap hal tersebut sama dengan yang terjadi pada manusia.

Namun, Rasulullah mengajarkan untuk tidak percaya pada takhayul semacam demikian. Maka, beliau men-sunnahkan untuk menikah di bulan syawal. Rasulullah membuktikan bahwa ketakutan dan ramalan orang Arab Jahiliyah tersebut tidak benar, karena hanya Allah Ta’ala  yang menentukan untung atau rugi seseorang dan bukanlah perhitungan tanggal.

(Baca juga: 10 Tips Agar Tidak Menikahi Orang yang Salah)

Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menikahi ‘Aisyah untuk membantah keyakinan yang salah sebagian masyarakat yaitu tidak suka menikah di antara dua ‘ied (bulan Syawwal termasuk di antara ‘ied fitri dan ‘idul Adha), mereka khawatir akan terjadi perceraian. Keyakinan ini tidaklah benar.” (Al-Bidayah wan Nihayah, 3/253).

Nah, kira-kira ada yang berencana menjalankan sunnah untuk menikah di bulan Syawal ini? Semoga lancar, ya!

(Visited 4,182 times, 1 visits today)