Kenalkan Dana Arbiyat, Gadis Berumur 15 Tahun Yang Mendesain Satellite Penyingkir Sampah Luar Angkasa

203 views Leave a comment
Kenalkan Dana Arbiyat, Gadis Berumur 15 Tahun Yang Mendesain Satellite Penyingkir Sampah Luar Angkasa

Dailymoslem – Siapa bilang wanita muslim tak bisa mengembangkan diri? Di luar sana banyak yang salah paham menganai pandangan Islam terhadap wanita. Hal ini dikarenakan Islam mewajibkan seluruh wanita menutup auratnya. Padahal, menutup aurat dengan hijab bukan sebuah pembatasan diri.

Seperti yang dibuktikan oleh Dana Arabiyat dari Yordania, wanita berhijab yang masih berumur 15 tahun ini berhasil mendesain satellite yang dapat menyingkirkan sampah luar angkasa. Meski berhijab ia tetap dapat berkarya. Bahkan karya nya ini telah mendapatkan sorotan dari Society for Science and the Public.

Dana juga telah mempresentasikan karyanya ini di event International Science and Engineering Fair di Pittsburg. Dalam acara itu tidak kurang dari 1702 finalis dari 70 negara ikut berpartisipasi.

Satellite yang diciptakan Dana dapat menyingkirkan puing-puing sampah luar angkasa dengan memiliki perangkat yang akan mendeteksi puing-puing yang mendekat. Ketika puing-puing itu menghalangi satellite, ia akan membuka wadah antipeluru yang kemudian akan menangkapnya.

Ketika wadah sudah mulai penuh dengan sampah, ia akan turun ke atmosfer bumi dan akhirnya terbakar saat melewatinya.

 

 

 

(Visited 172 times, 1 visits today)