Kenali Narkolepsi, Penyebab Tidur Tiba-Tiba

232 views Leave a comment
Kenali Narkolepsi, Penyebab Tidur Tiba-Tiba

Dailymoslem – Gangguan tidur yang diketahui oleh banyak orang adalah insomnia, yaitu gangguan tidur yang menyebabkan seseorang tidak dapat tidur pada malam hari dan terus terjaga hingga pagi. Selain insomnia ada juga gangguan tidur yang dinamakan dengan ‘narkolepsi’. Gangguan tidur yang satu ini membuat seseorang dapat tertidur kapan saja dan dimana saja meski dalam suasana yang sangat tegang sekali pun.

Penderita narkolepsi biasanya mengalami gangguan tersebut hanya dalam waktu 15 menit saja, bahkan ada juga yang terjadi 2 sampai 3 detik kemudian kembali sepeti semula. Meski selalu merasa ngantuk, namun ternyata penderita narkolepsi pun sama dengan para penderita insomnia yang kesulitan tidur saat malam hari.

dr Andreas Prasadja, RPSGT dari RS Mitra Kemayoran menyebutkan bahwa narkolepsi bisa menyerang siapa saja. Namun dibanding pria, wanita lebih banyak mengalaminya. Di Amerika sendiri menurut healtsciennce jumlah orang yang terkena gangguan ini mencapai 400.000-600.000 orang.

Gejala narkolepsi biasanya baru muncul ketika penderita memasuki usia 15 tahun dan bisa jadi hal ini terjadi hingga seumur hidup. Untuk memastikan seseorang terkena narkolepsi atau tidak dapat dilihat dari tiga gejala narkolepsi yang terlihat pada mereka, yaitu:

  1. Ketika mengalami kantuk, apakah terjadi katalpleksi atau tidak. Katapleksi adalah melemasnya kondisi otot tubuh secara berlebihan dan terjadi secara tiba-tiba.
  2. Mengalami sleep paralysis setiap kali tidur. Sleep paralysis adalah ketidakmampuan bergerak ketika sedang tidur ataupun ketika bangun tidur
  3. Melakukan tes polysomnogram (PSG) dan multiple sleep latency test (MSLT)

Narkolepsi bisa dikatakan sangat berbahaya, apalagi jika terjadi ketika seseorang sedang berkendara. Hal itu akan memicu kecelakan dan bahkan merenggut nyawa. Di bawah ini adalah video tentang Devany Allen, pengidap narkolepsi yang dapat tidur setiap saat.

 

 

(Visited 226 times, 1 visits today)