Kemenag Siap Luncurkan Al-Quran Berbahasa Daerah

73 views Leave a comment
Kemenag Siap Luncurkan Al-Quran Berbahasa Daerah

Dailymoslem – Awal Desember 2015 mendatang, Kementrian Agama akan meluncurkan Al-Quran yang diterjemahkan kedalam tiga bahasa daerah yaitu Bayumas, Minang dan Dayak. Peluncuran ini juga berbarengan dengan diluncurkannya Kamus Istilah Keagamaan (KIK).

Kepala Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan Kementrian Agama, Choirul Fuad di Jakarta mengatakan bahwa diadakannya AL-Quran berbahasa daerah ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai Al-Quran. Selain itu, penerjemahaan ini pun dalam upaya melestarikan bahasa daerah untuk menghindari kepunahannya.

Dibutuhkan waktu sekitar 5 tahun dan melibatkan berbagai perguruan tinggi Islam untuk merealisasikan penerjemahaan Al-Quran ke dalam bahasa daerah ini. Sedangkan untuk pembuatan KIK sendiri hanya membutuhkan waktu 4 tahun saja,

Selama ini menurutnya, pemaham terhadap Al-Quran masih terbatas dikarenakan latar belakang pendidikan, lingkungan budaya lokal dan bahasa Arab. Oleh karena itu, Al-Quran ini diharapkan dapat mempermudah pemahaman yang terkandung di dalamnya dan akhirnya akan memperbaiki kualitas kehidupan keberagamaan dengan terwujudnya umat taat beragama yang rukun dan cerdas.

Baca juga:

Masya Allah, Fakta Mengenai Sidik Jari Telah Ada Dalam Al-Quran

Dr. Zakir Naik : Jika Umat Yahudi Dan Non Muslim Lain Melakukan Ini, Al-Quran Akan Terbukti Salah

Arti Toleransi Menurut Al-Quran

(Visited 87 times, 1 visits today)