Kemenag Segera Luncurkan AL-Qur’an Dalam 3 Bahasa Daerah

95 views Leave a comment
Kemenag Segera Luncurkan AL-Qur'an Dalam 3 Bahasa Daerah

Dailymoslem – Terjemah Al-Qur’an yang kita kenal selama ini mungkin hanya terjemahan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Namun, Kementrian Agama nampaknya akan segera membuat terobosan terbaru dalam percetakan Al-Qur’an, yaitu membuat cetakan Al-Qur’an dalam tiga terjemahan Bahasa Daerah, yakni Banyumas, Minang dan Dayak.

Kepala Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan Kementrian Agama, Choiril Fuad Yusuf membenarkan bahwa Al-Qur’an dengan terjemahan tiga Bahasa Daerah ini akan segera di-launching, seperti dikutip dari Antaranews, Jumat (27/11)

Al-Qur’an dengan terjemahan tiga bahasa ini rencananya akan diluncurkan bersamaan dengan Kamus Istilah Keagamaan (KIK) pada tanggal 3 Desember mendatang oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Menurutnya, tujuan dari dibuatnya Al-Qur’an terjemahan tiga bahasa ini adalah karena masih terbatasnya pemahaman terhadap Al-Qur’an bukan hanya di lingkungan perkotaan, tetapi juga di daerah. Penyebabnya antara lain lingkungan budaya lokal, latarbelakang pendidikan dan terkendala Bahasa Arab.

Selain mempermudah pemahaman masyarakat terhadap kitab suci, peluncuran Al-Qur’an terjemahan tiga bahasa ini juga bertujuan untuk melestarikan bahasa daerah sebagai bagian dari sistem budaya lokal. Semua itu diharapkan dapat memberikan perbaikan kehidupan beragama dan terwujudnya umat yang taat beragama, rukun dan cedas.

Rencana penerjemahan Al-Qur’an ke dalam Bahasa Daerah sendiri diakui Kemenag telah dilakukan sejak 2011. Untuk mengerjakan pekerjaan besar ini Kemenag melibatkan berbagai perguruan tinggi agama Islam. Sedangkan unutk pembuatan KIK, buku yang diharapkan dapat membantu masyarakat menghindari kesalahpahaman dan memahami istilah keagamaan, Kemenag membutuhkan waktu 4 tahun.

“Yang jelas, dengan adanya KIK dapat memperkuat kerukunan antarumat, sekaligus mendidik masyarakat untuk menghargai adanya perbedaan,” pungkas Fuad.

(Visited 128 times, 1 visits today)