Kemampuan Bermusik Ternyata Bisa Pengaruhi Kepribadian, Lho

128 views Leave a comment
Kemampuan Bermusik Ternyata Bisa Pengaruhi Kepribadian, Lho

Dailymoslem – Memiliki kemampuan musik mungkin bisa menjadi kebangaan tersendiri bagi seseorang. Selain bisa mencurahkan isi hati melalui permainan musik, orang yang punya kemampuan bermusik juga punya potensi untuk mendapat pekerjaan dari hal yang menyenangkan seperti bermain musik.

Tak hanya itu, kemampuan bermain musik juga ternyata bisa mempengaruhi kepribadian seseorang. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Cambridge dan diterbitkan di Journal of Research in Personality meneliti tentang hubungan dari kemampuan bermusik dengan dimensi kepribadian “Big Five,” yakni, Extraversion, Neurotism, Agreebleness, Concientiousness dan keterbukaan.

Extraversion adalah orang yang suka berada di dunia lain selain di dunia mereka sendiri. Seperti orang berkepribadian extrovert, mereka fokus pada dunia luar, lebih bersifat sosial, tidak terlau peduli dan cepat berubah. Sedangkan neurotism adalah kondisi emosi yang tidak stabil, pesimistis serta rasa kepercayaan diri yang rendah.

Poin ketiga adalah agreebleness, kepribadian ini memiliki kecenderungan keyakinan yang positif dan menghargai nilai-nilai orang lain, serta sangat peduli pada norma-norma masyarakat. Sedangkan conscientiousness adalah karakter yang memiliki sikap bertanggung jawab, penuh dedikasi dan dapat dipercaya, mereka juga cenderung hati-hati dan sangat serius saat mengambil keputusan.

Terakhir adalah keterbukaan atau openess to experience. Orang yang memiliki karakter ini memiliki keterbukaan cara berpikir dan mau menerima konsep-konsep baru. Biasanya mereka juga membuat keputusan yang tidak konservatif.

Para peneliti yang bekerja sama dengan BBC dan Goldsmith University, merekarut lebih dari 7.800 relawan yang diminta menilai sendiri keahlian musik yang mereka miliki. Mereka juga berpartisipasi dalam tes pada persepsi ritme dan melodi memori.

Hasilnya, ditemukan bahwa skor tertinggi para relawan tersebut terdapat pada skala keterbukaan, yang berhubungan dengan imajinasi, wawasan, dan ketertarikan menjadi prediktor kuat dari kecanggihan musik, meski jika orang tersebut bukan dikenal sebagai musik dan hanya memiliki kemampuan bermusik.

Selain itu, orang yang mencetak tinggi pada extraversion lebih cenderung melaporkan kemampuannya yang lebih baik dalam bernyanyi. Ini sama artinya orang ekstrovert jago saat karaoke seperti dikutip Inverse, Jumat (16/10/2015).

Penelitian ini merupakan yang pertama kalinya yang berusaha untuk menghubungkan kemampuan dan sifat kepribadian dengan musik.

(Visited 152 times, 1 visits today)