Kekurangan Masjid, Moskow Buat Masjid Berjalan

1082 views
masjid

Dailymoslem – Meski shalat bisa dilaksanakan di rumah, keberadaan masjid di lingkungan muslim tetap penting untuk mendukung berbagai aktivitas keagamaan. Misalnya untuk kepentingna berbagai shalat berjamaah seperti shalat Jum’at atau shalat tarawih, untuk melakukan shalat saat dalam perjalanan, dan terutama untuk mengumandangkan sebagai penanda waktu shalat.  Bagi kita yang tinggal di Indonesia yang mayoritas masyarakatnya muslim, mungkin bukan suatu kesulitan untuk menemukan masjid. Saat adzan berkumandang, tak jarang justru kita mendengar beberapa suara adzan dari mesjid yang berbeda-beda di suatu tempat.

Sedangkan di beberapa tempat tertentu yang penduduk muslimnya merupakan kelompok minoritas, keberadaan masjid bisa jadi sesuatu yang langka. Misalnya di Moskow, dua juta muslim di Moskow harus bersabar dengan hanya empat masjid sederhana yang berada di kota tersebut. Akibatnya, banyak muslim Moskow yang harus melakukan shalat di pusat-pusat bisnis dan gudang. Namun sayangnya pengajuan pembuatan masjid ditolak oleh Walikota Moskow  Sergei Sobyanin, yang merasa bahwa jumlah masjid di kota tersebut telah cukup.

Muslim di Moskow tidak menyerah dengan penolakan tersebut, tapi malah memicu mereka untuk mengumpulkan dana demi menyediakan tempat beribadah untuk umat muslim di Moskow. Tak tanggung-tanggung, muslim di Moskow berencana membuat masjid yang bisa memfasilitasi seluruh muslim Moskow setidaknya secara bergantian untuk menggunakan masjid tersebut.

unnamed (2)_620

Muslim di Moskow berencana membuat masjid berjalan dengan aramada mobil trailer yang dimodifikasi menjadi sebuah masjid di dalamnya. Di dalam masjid berjalan ini juga dilengkapi dengan tempat wudhu untuk memfasilitasi muslim yang hendak solat. Rencananya, enam armada mobil trailer yang disulap menjadi masjid ini akan berkeliling setiap harinya di Moskow untuk memfasilitasi para muslim beribadah. Ini merupakan salah satu hal yang harus kita acugi jempol. Kekurangan justru membuat muslim di Moskow berinovasi demi memenuhi kebutuhan mereka untuk beribadah.

(Visited 343 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]