Keindahan Mesjid Yang Terbuat Dari Lumpur Di Mali

113 views Leave a comment
Keindahan Mesjid Yang Terbuat Dari Lumpur Di Mali

Dailymoslem – Bangunan mesjid rata-rata memiliki keindahan khas tersendiri. Beberapa mesjid bahkan menggunakan batuan mulia untuk memperindah bangunannya, contohnya saja mesjid Sultan Umar Ali Saifuddin yang berada di Brunei Darussalam atau Mesjid Dian Al-Mahri di Depok, Indonesia yang kubahnya dilapisi oleh emas murni. Juga tentunya mesjid Nabawi yang beberapa bagiannya dilapisi emas juga batu mulia lainnya.

Berbeda dari kemegahan mesjid-mesjid diatas, Mesjid Agung di Djenne, Mali terkenal karena terbuat dari bahan sederhana yaitu bata yang berbahan dasar lumpur. Mesjid ini pertama kali dibangun sekitar tahun 1200 -1300 dan kemudian terus mendapatkan perawatan dari tahun ke tahun.

Mesjid unik ini pernah mengalami kerusakan parah dan dibangun kembali oleh kolonial Prancis pada tahun 1960. Mengadopsi model bangunan tradisional Afrika, seluruh mesjid ini benar-benar terbuat dari bahan alami seperti pasir, tanah liat, air dan jerami bahkan pupuk kandang.

Dinding bangunan di plester menggunakan lumpur yang sangat halus, kemdian dilapisi kembali dengan bundel kepala sawit atau di sebut dengan toron. Untuk mengatasi hujan, bagian atas mesjid dipasangan keramik. Teknik pembangunan ini sudah sangat terbukti mengatasi gangguan yang diakibatkan oleh hujan, karena meski sudah berumur sekitar 800 tahun mesjid ini masih baik-baik saja.

Mesjid Agung Djenne ini sudah di tetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia pada tahun 1988 oleh UNESCO. Oleh karena itu mesjid ini menjadi salah satu destinasi wisata bagi turis. Namun begitu hanya turis muslim saja yang diperbolehkan masuk, ini merupakan peraturan pemerintah setempat sejak tahun 1996 akibat adanya kerusuhan dan penembakkan seorang fotografi dari majalah vogue.

Baca Juga:

Mesjid Katedral Moskow Yang Sempat Dirubuhkan Akan Dibuka Kembali Saat Idul Adha

Astagfirullah, Prilaku Setan Di Dalam Mesjid Terekam Kamera

Mesjid Indonesia Pertama di Jepang Akan Dibangun Lebaran Ini

Yuk, Intip Proyek Perluasan Mesjid Nabawi

 

 

(Visited 122 times, 1 visits today)