Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Membayar Zakat Fitrah ?

836 views
beras

Dailymoslem – Zakat Fitrah adalah zakat yang berhubungan dengan Hari Raya Idul Fitri. Zakat ini dikatakan sebagai penyuci untuk orang yang berpuasa selama bulan Ramadhan. Selain itu, Zakat Fitrah juga sebagai pembersih puasa yang mungkin selama ini dikotori oleh prilaku-prilaku tidak baik, seperti membicarakan keburukan orang lain, berbohong dan lain sebagainya. Rasulullah bersabda:

“Zakat Fitrah merupakan pembersih bagi yang berpuasa dari hal-hal yang tidak bermanfaat dan kata-kata keji (yang dikerjakan waktu puasa), dan bantuan makanan untuk para fakir miskin.” (HR. Abu Daud)

Waktu Pembayaran Zakat

Waktu untuk membayar zakat yang diketahui ada dua macam. Yaitu waktu yang benar-benar baik dan waktu yang diperbolehkan membayar zakat.

Waktu Utama

Pembayaran zakat ini utamanya dilakukan setelah terbit fajar pada hari Idul Fitri hingga dekat waktu pelaksanaan shalat ied. Oleh karena itu, disunnahkan mengakhirkan shalat ied untuk memberik kesempatan kepada kaum muslimin membayarkan zakat fitrahnya kepada fakir miskin.

Barangsiapa yang menunaikan zakat fitrah sebelum shalat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalay maka itu hanya dianggap sebagai sedekbagiah diantara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud)

Waktu Yang Diperbolehkan

Diperbolehkan untuk mengeluarkan Zakat Fitrah satu atau dua hari sebelum Idul Fitri. Hal ini merujuk pada hadits Bukhari yang meriwayatkan tentang Ibnu Umar Radhiyallahu Anhuma.

Dan Ibnu Umar Radhiyallahu Anhuma memberikan Zakat Fitrah kepada orang-orang yang berhak menerimanya dan dia mengeluarkan zakatnya itu sehari atau dua hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.” (HR. Bukhari)

Sebenarnya sebagaian ulama berpendapat bahwa boleh-boleh saja membayar Zakat Fitrah sejak awal Ramadhan. Bahkan ada juga yang berpendapat boleh dilakukan setahun atau dua tahun sebelumnya. Namun kembali lagi bahwa Zakat Fitrah berhubungan dengan Hari Raya Idul Fitri, sebagai pembersih orang-orang yang telah berpuasa. Sehingga jika diserahkan jauh-jauh hari sebelum Idul Fitri tiba maka hal ini tidak mencapai maksud Zakat Fitrah itu sendiri.

 

(Visited 1,394 times, 1 visits today)