Kamala Khan, Tokoh Superhero Muslim Pertama yang Dibuat Marvel

146 views Leave a comment
Kamala Khan, Tokoh Superhero Muslim Pertama yang Dibuat Marvel

Dailymoslem – Kamala Khan adalah tokoh terbaru yang ada dalam seri komik Marvel. Kamala Khan diceritakan sebagai seorang tokoh superhero yang beragama Muslim, berasal dari Pakistan dan tinggal di Amerika.

Keluarganya merupakan keluarga Muslim yang disiplin dan ketat akan aturan, berasal dari Karachi, Pakistan. Kamala merasa ada banyak yang berbeda antara dirinya dengan lingkungan sekitar. Salah satunya adalah budayanya sebagai Muslim dan juga budaya Amerika yang penuh kebebasan. Selain itu, Kamala juga mengalami krisis identitas karena dirinya tidak memenuhi standar cantik di Amerika.

Suatu malam yang ganjil telah mengubahnya dari gadis Pakistan biasa yang tinggal di Amerika menjadi seorang superhero. Kamala yang selalu dilarang untuk ikut pesta, mencoba untuk kabur dari rumahnya agar ia bisa juga hadir di pesta seperti teman-temannya. Namun Kamala tiba-tiba terlibat dalam sebuah pengalaman aneh yang membuatnya tak sadarkan diri dan terbangun sebagai seseorang yang baru, seseorang yang memiliki kekuatan spesial dan menjadi superhero atau Ms. Marvel.

Komik ini tidak bercerita tentang konflik Islam apapun yang ada di Amerika, namun lebih menonjolkan perbedaan budaya Muslim dengan budaya serba bebas di Amerika, misalnya ketika Kamala harus berhadapan dengan lingkungan sosial yang menganggap minum alkohol sebagai sesuatu yang biasa, juga lingkungan yang tidak terbiasa melihat perempuan menggunakan hijab.

Kamala Khan, Tokoh Superhero Muslim Pertama yang Dibuat Marvel

Dalam komik ini juga diceritakan bahwa Islam tidaklah seperti yang orang sangkakan selama ini, yaitu agama yang penuh kekangan dan larangan. Pada saat Kamala berkonsultasi pada seorang Syekh, di sana terlihat bahwa Syekh tersebut mendukung Kamala untuk melakukan apa yang dia inginkan dengan kejujuran dan kesungguhan hati.

Di negara seperti Amerika, mungkin tak mudah untuk mempertahankan identitas sebagai seorang Muslim, seperti juga yang dialami Kamala. Namun Kamala berhasil mengalahkan semua hal negatif yang ada di sekitarnya dan mempertahankan identitasnya sebagai seorang Muslim, juga memegang tanggung jawab sebagai seorang superhero yang memiliki kewajiban untuk menolong orang lain.

(Visited 225 times, 1 visits today)