Julie Bishop Klarifikasi Pernyataan Tony Abbott pada Jusuf Kalla

868 views

Dailymoslem – Beberapa waktu lalu, Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengungkit kebaikan yang pernah dilakukan Australia terhadap Indonesia agar eksekusi mati untuk dua gembong narkoba asal Australia Mark dan Andrew dibatalkan. Pernyataan tersebut menyinggung hati warga Indonesia hingga akhirnya warga menggalang #KoinUntukAustralia. Namun, Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop segera memperbaiki hubungan kedua negara dengan menelepon Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pernyataan Tony Abbott tersebut bukan hanya memancing reaksi penduduk Indonesia, tapi juga beberapa penduduk Australia yang ikut mengecam pernyataan tersebut. Bahkan dua pengamat Australia menyatakan pernyataan Tony Abbott tersebut kontroversial dan arogan.

Setelah pernyataan ini, Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop kemudian mengklarifikasi ucapan Perdana Menteri-nya melalui perbincangan di telepon kepada Jusuf Kalla. Dilansir dari Berita Satu, Julie Bishop menelepon Jusuf Kalla untuk meluruskan kesalahpahaman ini.

Dalam perbincangannya dengan Jusuf Kalla di telepon tersebut, Julie Bishop menjelaskan bahwa pernyataan Tony Abott tersebut untuk menggambarkan hubungan baik yang telah terjalin antara Indonesia dan Australia di berbagai bidang, salah satunya merupakan bidang kemanusiaan. Bishop juga menjelaskan bahwa Australia tidak bermaksud pamrih atas bantuan yang diberikan. Kedua negara memutuskan untuk tetap menjalin hubungan bilateral tanpa terpengaruh oleh hukuman mati untuk dua warga negara Australia tersebut.

Dalam pembicaraan di telepon tersebut juga JK meminta agar Australia bisa memahami sikap Indonesia yang akan terus bertindak tegas atas kejahatan narkotika, sementara Bishop menyatakan bisa memahami sikap Indonesia.

(Visited 286 times, 1 visits today)