Jualan Kue Keliling, Bocah Ini Tak Ingin Dikasihani

343 views Leave a comment
Jualan Kue Keliling, Bocah Ini Tak Ingin Dikasihani

Dailymoslem – Bagi anak seusia Rizal, mencari uang bermain bersama teman lebih menyenangkan ketimbang harus berjualan keliling kampung. Namun, bocah kelas 6 SD ini lebih memilih menghabiskan waktu luangnya untuk membantu sang ibu berjualan kue keliling menggunakan sepeda.

Setiap sore, Zyah Rizal Fadila berkeliling di daerah Ngaglik, Sleman, Yogyakarta untuk menjajakan kue-kue seperti sandwich, pizza, roti bakar dan jus yang dibawanya dengan menggunakan keranjang merah di sepedanya. Beberapa orang yang merasa kasihan padanya karena harus berjualan di usia yang masih kecil seringkali berniat untuk memberinya uang lebih, namun Rizal menolak.

“Saya tidak ingin dikasihani karena kondisi ini. Bapak mengajarkan saya lebih baik menutup tangan daripada membuka tangan,” ujar Rizal pada Kompas.

Rizal juga mengaku keinginan untuk berjualan kue keliling datang dari dirinya sendiri dan bukan karena paksaan orangtua. Bahkan, orangtuanya sempat melarang Rizal untuk berjualan, namun Rizal bersikeras untuk ikut berjualan keliling sejak kelas II SD.

Akhirnya, orangtua Rizal pun mengijinkan anaknya untuk berjualan, asalkan nilai sekolahnya bisa tetap bagus. Hasilnya, kini Rizal sudah bisa membeli sendiri sepeda BMX seharga 700.000 yang digunakannya berangkat dan pulang sekolah.

Masih Menyisihkan untuk Infaq

Dalam sehari, Rizal bisa membawa pulang uang Rp. 170.000 hingga Rp. 200.000 yang ia berikan semua pada ibunya. Uang tersebut ditabungkan untuk kebutuhan Rizal sendiri, bahkan Rizal dan ibunya juga menyisihkan untuk infaq.

Ayahnya yang seorang penjaga gas 3 kg dan ibunya yang juga berjualan kue keliling selalu mengajarkan Rizal untuk selalu menyisihkan rezeki untuk mereka yang lebih membutuhkan. Rizal juga bercita-cita menjadi seorang tentara seperti kakeknya.

Sumber: regional.kompas.com

(Visited 309 times, 1 visits today)