Jerawat Tumbuh Subur Saat Hamil? Ini Cara Mengatasinya!

477 views Leave a comment
4 Tips Ampuh Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil

Dailymoslem – Kondisi hormon yang tidak seimbang pada ibu hamil seringkali menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, pori-pori membesar atau masalah komedo.

Masalah kulit ini biasanya terjadi di trimester pertama kehamilan, tepatnya di minggu keenam ketika kadar hormon akan mencapai tingkat yang tertinggi. Hal ini disebabkan karena meningkatnya hormon progesteron yang memicu kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak dan menimbulkan jerawat.

Namun, di saat hamil juga kita perlu berhati-hati memilih kosmetik perawatan wajah. Kandungan berbahaya dalam kosmetik juga dapat membahayakan janin. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan cara-cara alami untuk mengatasi jerawat pada saat hamil.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jerawat pada saat hamil.

Pertama, gunakan cara-cara alami untuk menghilangkan jerawat, seperti menggunakan lemon, tomat, dan juga bahan alami lainnya. Selengkapnya baca di sini.

Kedua, jaga kebersihan kulit dengan mencuci wajah secara rutin. Gunakan juga pencuci wajah yang bebas deterjen dan zat kimia. Gunakan saat bangun pagi dan menjelang tidur secara rutin.

Ketiga, perhatikan juga kebersihan handuk yang digunakan untuk menggosok atau mengeringkan wajah.

Keempat, hindari shampoo mengenai wajah pada saat keramas.

Kelima, hindari memegang atau memencet jerawat karena dapat menyebabkan kuman di tangan menyebar ke jerawat dan memperparah jerawat.

Keenam, jaga kelembapan wajah dengan menggunakan pelembab kulit dan juga banyak mengonsumsi air putih.

Ketujuh, konsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Perbanyak konsumsi buah dan sayur segar, utamakan yang berwarna hijau, oranye, merah dan kuning.

Kedelapan, perbanyak asupan vitamin A untuk menjaga kesehatan kulit, seperti wortel, susu, telur dan ikan.

Terakhir, perhatikan kebersihan tempat tidur seperti seprai, bantal, selimut dan lainnnya untuk menghindari bakteri mengendap di wajah saat tidur.

Semoga bermanfaat!

(Visited 1 times, 1 visits today)