Jelang Ramadan, Jusuf Kalla Resmikan Aplikasi Pencari Ustadz untuk Ceramah Di Masjid

94 views Leave a comment
Jelang Ramadhan, Jusuf Kalla Resmikan Aplikasi Pencari Ustadz untuk Ceramah Di Masjid

Dailymoslem – Di bulan Ramadhan, kegiatan ceramah di masjid-masjid biasanya semakin meningkat, terutama untuk mengisi waktu setelah shalat isya’ dan shalat tarawih, juga biasanya selepas shalat shubuh berjama’ah di masjid.

Kegiatan ceramah yang harus diisi setiap hari membuat jadwal pada ustadz penuh di sepanjang bulan Ramadhan, sehingga banyak juga masjid-masjid yang kesulitan menemukan ustadz untuk mengisi ceramah. Untuk mengatasi hal ini, wakil presiden Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, memulai terobosan baru di Ramadan 2016 ini, yaitu dengan aplikasi pencari ustadz.

“Dulu kalau cari ustad di bulan puasa sulit karena ada banyak acara,” kata Kalla di kantor Dewan Masjid Indonesia, Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu, 28 Mei 2016, dilansir dari Tempo.

Bekerja sama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika, Dewan Masjid Indonesia mengembangkan aplikasi berbasis android ini dengan sistem yang mirip dengan aplikasi transportasi seperti GoJek atau GrabBike. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan akreditasi ustadz sehingga kualitas keilmuannya terjaga.

“Kalau bisa ustadnya punya keilmuan yang spesifik, seperti perdagangan atau perkawinan,” tambah¬†Kalla.

Untuk mengakreditasi penceramah, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengaku akan bekerja sama dengan pengurus Masjid Istiqlal.

Hanya saja, baru Jakarta kota yang menjadi area penerapan aplikasi pencari ustadz ini. Pasalnya, sudah ada sekitar 3.300 masjid di Jakarta yang masuk di radar GPS.

“Pengurus masjid nanti bisa mencari penceramah terdekat. Jadi bisa efektif.¬†Hari ini diluncurkan dan prototipenya sudah jalan,” tutur Rudiantara.

(Visited 49 times, 1 visits today)