Jama’ah Asal Cina Bunuh Diri di Masjidil Haram

2890 views

Dailymoslem – Umat Muslim yang sedang melangsungkan ibadah umrah Senin (16/2) kemarin dikagetkan dengan jatuhnya seorang jama’ah asal Cina dari salah satu jembatan tinggi yang mengelilingi Ka’bah. Jama’ah perempuan berusia 40an tersebut tewas di tempat setelah aksinya melompat dari ketinggian. Ia melompat dari jembatan dengan tembok yang cukup tinggi, dengan cara naik ke kursi terlebih dulu untuk melewati tembok tinggi tersebut.

Jama’ah Cina tersebut datang ke Mekkah sejak beberapa hari lalu untuk menunaikan ibadah umrah bersama suami dan anak perempuannya yang berusia hampir 3 tahun. Menurut keluarganya, perempuan yang dikabarkan mengalami gangguan jiwa ini juga pernah melakukan percobaan bunuh diri sebelumnya. Pada akhirnya, ia berhasil bunuh diri di masjid paling suci di seluruh dunia, pada kesempatan pertamanya melakukan ibadah umrah. Mayatnya kemudian dibawa ke Rumah Sakit King Faisal untuk penyelidikan lebih lanjut sebelum diserahkan ke keluarganya.

diy-telescope-craft-for-kids

B99CnpDCMAAZVW1

Tembok tempat wanita tersebut melompat dan kursi yang digunakannya untuk memanjat 

Kejadian ini disesali bukan hanya oleh para pengurus Masjidil Haram, tapi juga oleh umat Muslim yang sedang menunggu kabar gembira selesainya proses pembangunan giga proyek Masjidil Haram. Meski dilakukan oleh orang yang mengalami gangguan jiwa, aksi semacam ini bukanlah aksi yang dapat dimaklumi. Apalagi, bunuh diri juga bukan hal yang dibenarkan dalam Islam. Islam adalah agama yang memiliki jawaban atas semua permasalahan hidup, termasuk permasalahan yang mengganggu kesehatan jiwa.

Penyakit gangguan jiwa memang termasuk ke dalam empat penyakit yang paling banyak di derita di negara-negara berkembang. Berbagai hal keduniawian tampaknya telah membawa manusia terlalu jauh dari ketenangan jiwa. Sesungguhnya, kedekatan kita kepada Allah dan keimanan kitalah yang bisa melindungi diri dari berbagai kerusakan jiwa.

Ibadah umrah sendiri sejatinya dilakukan untuk memenuhi panggilan Allah bagi mereka yang telah mampu secara mental dan materi untuk melaksanakannya. Semoga kabar duka dari Masjidil Haram ini merupakan yang terakhir kalinya kita dengar.

(Visited 1,812 times, 1 visits today)