Jam Istirahat Ditambah, Para Siswa di Purwakarta Juga Boleh Bawa Bantal Ke Sekolah!

114 views Leave a comment
Jam Istirahat Ditambah, Para Siswa di Purwakarta Juga Boleh Bawa Bantal Ke Sekolah!

Dailymoslem – Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi kembali membuat kebijakan yang cukup unik di bidang pendidikan, yaitu memberikan penambahan jam istirahan untuk siswa tingkat SMP dan SMA/sederajat yang menempuh jam pelajaran hingga pukul 15.00.

Jam istirahat yang biasanya dimulai pada pukul 12.00 WIB kini dipercepat tiga puluh menit menjadi pukul 11.30. Dengan jam istirahat yang lebih panjang, siswa bisa menafaatkannya untuk tidur siang, bahkan siswa diperbolehkan untuk membawa bantal ke sekolah untuk menambah kenyamanan tidur siang.

“Jadi kan biasanya para siswa ini istirahat dari kegiatan belajar mengajar (KBM) sejak pukul 12.00-13.00 WIB. Mulai maret, mereka akan mulai istirahat sejak pukul 11.30 WIB. Nah waktu istirahat tersebut bisa mereka gunakan untuk tidur hingga menjelang salat Dzuhur,” ujar Dedi kepada INILAH, Senin (22/2/2016).

Mengerti akan pentingnya tidur siang untuk daya ingat anak, Dedi berharap aturan ini dapat membuat anak dapat menyerap pelajaran dengan lebih optimal. Menurutnya, kebijakan ini dilakukan untuk membangun daya ingat para siswa agar lebih kuat. Dengan tidur siang, para siswa akan lebih siap untuk menghadapi pelajaran selanjutnya selepas istirahat.

“Sejak bangun tidur, mereka sudah banyak dijejali dengan berbagai pelajaran. Otak mereka pun butuh istirahat. Makanya, dengan meluangkan waktu sejenak untuk tidur, dipastikan daya ingat mereka akan kembali fresh,” tuturnya.

Dedi juga beranggapan bahwa terlalu banyaknya beban pelajaran di otak siswa dapat menyebabkan kreativitas anak menurun, juga membuat anak mudah lelah dan stress. Oleh karena itulah, aturan ini dibuat agar anak merasa lebih nyaman di kelas.

Selain itu, aturan ini juga dikeluarkan dengan pertimbangan hasil evaluasi dari jam masuk sekolah anak-anak di Kabupaten Purwakarta yang dimulai sejak jam 6.00 WIB. Dengan adanya waktu tidur siang, diharapkan siswa tidak lagi mengantuk dikelas dan dapat menyerap pelajaran dengan lebih optimal.

“Intinya, kami ingin membuat nyaman saat mereka berada di kelas. Karena, jika otak mereka fresh, pelajaran apapun dipastikan akan mudah terserap dan mereka bisa mengaplikasikannya dengan baik,” paparnya.
(Visited 142 times, 1 visits today)