Ivan Gunawan: Ini Kesalahan Fashion yang Harus Dihindari Saat Berhijab

1246 views

Dailymoslem – Tren fashion hijab di Indonesia saat ini tengah berada pada puncaknya. Hal ini menyebabkan banyak perempuan muslim yang awalnya ragu untuk berhijab mulai menutup aurat karena pilihan fashion hijab sudah banyak tersedia di pasaran.

Ternyata, dalam perkembangannya ini masih banyak juga para muslimah berhijab yang melakukan kesalahan-kesalahan saat berhijab sehingga membuat penampilannya terasa kurang maksimal. Ivan Gunawan, seorang desainer kenamaan Indonesia membocorkan kesalahan-kesalahan berhijab yang kerap dilakukan muslimah Indonesia.

“Setiap hari, saya menjadi salah satu pengisi acara di program televisi yang rating-nya cukup baik. Dari acara tersebut, saya melihat banyak wanita berhijab mulai dari yang muda hingga tua, tampil bergaya dalam ragam busana dengan berbagai bentuk ukuran tubuh,” tuturnya saat ditemui di acara jumpa pers kolaborasi dirinya dengan brand fashion muslim Zoya di Restoran Bunga Rampai, Rabu (20/5).

(Baca juga: Ivan Gunawan Ajak Penonton Indonesia Fashion Week Selami Laut Lewat Karyanya yang Brejudul Thalassa)

Kesalahan pertama yang biasanya dilakukan muslimah berhijab adalah memakai lengan pendek yang dilapis dengan manset, namun kemudian bagian atas manset muncuat dari tepi lengan baju pendek.

“Kalau sudah berhijab, baiknya hindari mengenakan atasan berlengan pendek. Perbanyak saja koleksi atasan berlengan panjang. Akan lebih menyenangkan saat dilihat,” jelasnya.

Ivan juga menangkap kesalahan-kesalahan berhijab yang dilakukan muslimah berhijab yang memiliki tubuh besar. Menurutnya, muslimah bertubuh besar sebaiknya menghindari gaya layer saat berpakaian.

“Kalau puya tubuh berisi, hindari pemakaian busana dengan banyak tumpukkan (layered) karena dapat membuat efek lebih berat dan gemuk,”

Selain gaya layer, warna juga akan berpengaruh pada efek siluet tubuh. Ivan menyarankan untuk muslimah yang bertubuh besar agar memilih warna-warna solid dan menghindari warna pastel.

“Badan yang berisi ada baiknya menghindari warna-warna lembut atau pastel. Lebih baik pilih yang warnanya solid sekalian,” ujar Igun.

Selain itu, Ivan seringkali melihat banyak muslimah Indonesia yang tidak pede memilih warna-warna cerah, dan akhirnya terjebak dalam warna-warna gelap yang membosankan.

“Hijab yang bewarna juga penting. Karena refleksinya memberi warna pada rona wajah. Hindari warna hitam agar terhindari dari rasa gerah dan panas,” sarannya lagi.

(Baca juga: Be Fashionable In 5 Minutes, Cara Cepat Pilih Outfit yang Tepat)

(Visited 795 times, 1 visits today)