Inspirational Women: Mona Shindy, Wanita Berhijab Pertama Yang Menjadi Kapten Angkatan Laut Australia

220 views Leave a comment
Inspirational Women: Mona Shindy, Wanita Berhijab Pertama Yang Menjadi Kapten Angkatan Laut Australia

Dailymoslem Mona Shindy. Wanita keturunan mesir yang berimigrasi dari Negara asalnya sejak berumur 3 tahun. Pahit hidup yang dijalaninya sejak kecil, membuatnya kini menjadi sosok muslimah yang menginspirasi banyak orang. Ya, ia adalah seorang Kapten Angkatan Laut Australia, Ketua Penasihat Islam Angkatan Laut Australia, Insinyur dan juga seorang ibu.

Kehilangan sosok ayah saat berusia 14 tahun, tak membuatnya kehilangan rasa percaya diri dan mudur dari tujuan hidup yang menjadi mimpinya saat itu. Dengan semangat dan tekad yang kuat, ia berhasil menyelesaikan program studinya di salah satu perguruan tinggi di bidang teknik senjata pada usia 23 tahun. Tidak berhenti disitu saja, Shindy pun mengerahkan segala kemampuannya untuk dapat berdedikasi di Angkatan Laut Australia hingga saat ini.

Inspirational Women: Mona Shindy, Wanita Berhijab Pertama Yang Menjadi Kapten Angkatan Laut Australia

Shindy mengaku bahwa kesuksesannya hingga saat ini tak pelak karena keimanan yang dimilikinya. Iman dalam hatinya selalu menambah nilai dalam setiap urusan dan pekerjaan yang ia lakukan.

Apa yang kita lakukan ini adalah bagian dari agama yang kita percaya, mau itu soal kejujuran atau saat harus berintegritas di dunia kerja, atau merefleksi ibadah kita, semua itu punya nilai tersendiri dalam kehidupan bekerja dan bisa membuat kamu menjadi lebih sukses.” Tuturnya saat diwawancarai oleh mvslim.

Sosoknya yang penuh karisma dan tidak mudah menyerah pada sebuah tantangan, Shindy pun menjadikan kata ‘Yes’ sebagai kata favoritnya.

Ketika saya ingin mendapatkan tujuan atau sebuah ambisi dalam hidup ini kemudian seseorang mengatakan ‘Yes’ untuk sebuah persetujuan, rasanya sangat membahagiakan mendengar kata tersebut.”

Berbicara tentang tantangan, menurutnya menjadi diri sediri dan mempertahakan keyakinan (agama) ketika terjun di lingkungan dengan muslim sebagai minoritas merupakan tantangan terbesar bagi dirinya dan kaum Muslim secara umum. Untuk mengatasinya, ia mengaku berkomunikasi secara konsisten merupakan sebuah solusi. Selain itu, ketika memimpin sebuah kelompok ada baiknya untuk selalu memimpin dengan memberikan contoh terlebih dahulu. Saat ingin mengajari orang lain pun, sebaiknya kita harus menjadi bagian dari mereka agar tidak terjadi kesalah pahaman.

Sebagai seorang kapten dan role model baru dikalangan muslim, Shindy mengatakan bahwa dirinya sangat mencintai keindahan dari keajaiban hidup sekaligus kerapuhan dalam hidup. Menurutnya, ketika kita berusaha menghadapi kerapuhan maka hidup menyajikan keajaoba-keajaiban yang sangat indah penuh hikmah.

(Visited 210 times, 1 visits today)