Inilah orang Indonesia Yang Pernah Menjadi Imam Besar Masjidil Haram

335 views Leave a comment
Inilah orang Indonesia Yang Pernah Menjadi Imam Besar Masjidil Haram

Dailymoslem – Menjadi Imam besar di Masjidil Haram adalah sebuah kebanggan yang luar biasa bagi seseorang. Selama ini kita menyangka bahwa hanya orang Arab saja yang dapat menyandang gelar Imam besar di sana. Tapi tahukah kamu, seorang pria asal Sumatera Barat pernah menjadi imam, khatib dan guru besar di Masjidil Haram, Mekkah.

Memiliki darah Koti Gadang, sebuah desa dengan masyarakat yang terkenal intelek, Syaikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi Rahimahullah sudah khatam dan menghafal beberapa juz Al-Quran sejak kecil. Ia berhijrah ke Kota Mekkah di usia yang sangat muda yaitu 9 tahun.

Syaikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi

Picture 1 of 2

Saat itu ia berguru pada ulama-ulama terkemuka di Mekkah seperti Sayyid Bakri Syatha, Sayyid Ahmad bin Zaini Dahlan, sarato Syekh Muhammad bin Sulaiman Hasbullah al-Makkiy. Luar biasanya lagi, ia dianggap sebagai tiang tengah dalam mahzab Syafi’i. Selain menguasai ilmu fiqih, Syaikh khatib pun menguasai ilmu sjearah, aljabar, ilmu falak, beritung dan geometri.

Di Indonesia sendiri, dua diantara ribuan orang yang berguru kepadanya dikenal sebagai pendiri Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah. Ya, Kyai Hasyim Asy’ari dan Kyai Haji Ahmad Dahlan.

Imam besar Masjidil Haram pertama yang berasal dari Indonesia ini menghembuskan nafas terakhir pada usia 56 tahun pada 13 Maret 1916 silam.

Wah, Indonesia patut berbangga karena putra asli Indonesia pernah menjadi Imam Besar Masjidil Haram. Akankah ada Syaikh Khatib selanjutnya?

(Visited 522 times, 1 visits today)