Inilah Metode Yang Sering Dilakukan Rasulullah Saat Mengajari Ilmu Pada Para Sahabatnya

158 views Leave a comment
photo-2303521

Dailymoslem – Menjadi seorang guru merupakan pekerjaan yang mulia. Dengan mengajarkan pelajaran berguna, pahalanya dapat terus mengalir meski nyawa sudah tak bersatu dengan badan. Sayangnya, sekarang ini banyak juga oknum guru yang menyalah gunakan pekerjaannya. Korupsi waktu, tidak bersungguh-sungguh dalam mengajar sehingga materi yang disampaikan tidak terserap optimal oleh para murid.

Sebenarnya, tidak hanya guru yang harus mengetahui cara yang baik untuk mengajar. Orang tua khususnya para ibu juga harus memiliki kemampuan mengajar yang baik untuk anak-anaknya. Salah satu cara mengajar yang baik bisa kita contoh dari panutan muslim yaitu Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam. Nah, berikut ini adalah cara elegan Rasulullah menyampaikan dakwahnya sehingga para sahabat dan umat paham mengenai apa yang disampaikannya.

Menanamkan Semangat Belajar dari Intinya

Kebanyakan, hal yang membuat orang malas belajar adalah tidak paham dengan tujuan belajarnya sendiri. Dengan mengetahui tujuan belajar, seseorang akan semakin terpacu untuk memahami dan memperdalam pelajaran tersebut. Dua hal yang dilakukan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam agar sahabat dan umatnya paham mengenai tujuan belajar adalah:

Menjelaskan keutamaan mencari ilmu

Saat seseorang mengetahui keutamaan ilmu dan mencari ilmu di mata Allah, besar kemungkinan ia akan terpacu untuk terus menuntut ilmu. Mencari, memahami dan memperdalam ilmu hingga ke akarnya. Hingga akhirnya membuat sebuah karya yang berguna untuk umat.

Menjelaskan pentingnya memiliki ilmu

Orang yang tidak mengerti pentingnya ilmu pasti akan menganggap mencari ilmu merupakan hal yang sia-sia. Padahal dengan ilmu yang dimiliki akan banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Misalnya kemudahan dalam mengerjakan kegiatan jual-beli (yang saat itu sudah menjadi salah satu mata pencahariaan)

Menggunakan Contoh yang Relevan

Menerangkan sesuatu dengan menggunakan contoh merupakan metode yang sangat baik agar seseorang dapat segera paham. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam yang setiap tindakan yang dilakukannya merupakan pentunjuk dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, selalu me memberikan contoh yang mudah dipahami oleh para sahabat dan umatnya. Berikut ini beberapa contoh yang dilakukan oleh Rasulullah.

Memberikan perumpamaan

Sebagaimana dalam sabdanya,”perumpamaan seseorang yang berpegang teguh dengan batasan-batasan Allah dan orang yang melanggarnya, seperti suatu kaum yang mengundi tempat duduk di sebuah kapal. Sebagian mendapat tempat di atas dan sebagian di bawah. Orang-orang yang bertempat di bawah, jika mereka mengambil air, maka mereka melewati orang-orang yang berada diatasnya. Mereka berkata,’kalau kita membuat lubang disini untuk mengambil air, niscaya kita tidak mengganggu orang-orang yang diatas. Jika keinginan mereka dibiarkan, niscaya seluruh penumpang akan tenggelam, dan jika mereka melarang, niscaya mereka akan selamat dan semua penumpang akan selamat. (HR. Bukhari)

Menggunakan isyarat

saya dan penjamin anak yatim di surga adalah seperti ini.” Beliau mengisyaratkan telunjuk dan jari tengahnya dan sedikit merenggangkan antara keduanya. (HR. Bukhari)

Membuat gambar

Beliau membuat garis persegi empat. Kemudian beliau membuat garis panjang yang keluar dari kotak . memisahkan kotak persegi empat tersebut menjadi dua, kemudian beliau membuat garis-garis pendek di salahsatu sisi kotak persegi empat tersebut. Kemudian beliau bersabda,”ini adalah manusia, ini adalah ajalnya yang mengelilinginya atau yang telah mengelilinginya. Garis panjang di tengah yang keluar dan membelah ini adalah impiannya. Garis-garis pendek ini adalah hal-hal yang bisa terjadi padanya. Jika dia selamat dari yang ini, maka tidak dari yang itu. (HR. Bukhari no 6417)

Menceritakan kisah dari umat terdahulu

Seperti kisah tiga orang lelaki yang terjebak di gua dan bertawasul dengan amalan-amalan mereka. Dan masih banyak kisah-kisah lainnya yang sejenis.

Memberikan gambaran yang nyata

Hal ini dilakukan saat Rasulullah melihat bulan purnama yang amat sempurna dengan para sahabat, kemudian Rasulullah bersabda, ”Sesungguhnya kalian akan melihat Tuhan kalian sebagaimana kalian melihat bulan rembulan ini, tidak terhalangi sedikit pun. Maka jika kalian mampu menjaga salat sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam, maka lakukanlah.”

Kemudian beliau membaca firman allah swt, ”dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya.”

 

Itulah beberapa metode mengajar Rasulullah yang dapat kita contoh dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan merujuk pada utusan Allah, seluruh pekerjaan kita menjadi lebih baik dan diberkati Allah Subhanahu wa Ta’ala.

 

 

Baca juga:

Wanita Membutuhkan Ilmu Untuk Jadi Makmum Yang Baik

3 Pertanyaan Untuk Calon Istri Yang Shalihah

Aktivitas Sehari-Hari Rasulullah SAW dan Cara Pengamalannya

 

(Visited 167 times, 1 visits today)