Inilah 6 Fakta Menarik Tentang Gerhana Matahari Total

95 views Leave a comment
Inilah 6 Fakta Menarik Tentang Gerhana Matahari Total

Dailymoslem – Gerhana Matahari yang akan terlihat di kawasan Sulaswesi, Kalimantan dan Sumatera tanggal 9 Maret mendatang telah banyak dibicarakan netizen. Gerhana ini juga disinyalir dapat meningkatkan jumlah wisatawan keĀ kota-kota tempat terjadinya gerhana. Pasalnya, gerhana ini adalah yang pertama di abad ke-21 ini di Indonesia.

Nah, jika Anda merupakan salah satu yang berencana untuk melihat gerhana matahari 9 Maret nanti, cek dulu 6 fakta tentang gerhana matahari total berikut ini agar perburuanmu tak sia-sia.

Gerhana Matahari Total Ternyata Tergantung pada Posisi Geometri Matahari, Bulan dan Bumi.

Posisi geometri matahari, bulan dan bumi memungkinkan gerhana matahari total untuk dapat terulang 2 hingga 5 kali setiap tahunnya. Kondisi ini terjadi ketika piringan matahari tertutup sepenuhnya oleh piringan bulan, sehingga piringan bulan terlihat sama besar atau mungkin lebih besar dari piringan matahari.

Saat Gerhana Matahari Total, Sinar Matahari Akan Sepenuhnya Hilan Tertutupi Oleh bulan

Pada saat gerhana matahari total terjadi, di sinilah totalitas bulan akan terlihat di mana keseluruhan bulan akan menutupi matahari sehingga sinar matahari akan tertutupi sepenuhnya oleh bulan.

Gerhana Matahari Total Bisa Terjadi setiap 1-2 Tahun Sekali

Fenomena alam gerhana matahari total bisa terjadi setiap 1-2 tahun sekali di tempat-tempat yang berbeda, sehingga bisa dikatakan sebagai fenomena alam yang cukup langka. Gerhana matahari total yang akan terjadi tanggal 9 Maret 2016 mendatang diperkirakan akan terjadi lagi di Indonesia pada tahun 2032, sehingga momen ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Gerhana Matahari Di KutubĀ 

Di kutub utara ataupun kutub selatan, kita dapat juga secaara langsung melihat fenomena alam gerhana parsial.

Waktu Berlangsungnya Gerhana Matahari Total

Fenomena alam gerhana matahari total ini memang sangat pantas untuk dinantikan, karena waktu berlangsungnyapun sangat singkat, yakni hanya 7 menit saja.

Jarak Matahari Ke Bumi

Jarak bumi ke matahari diperkirakan sekitar 160 km atau sekitar 10 ribu mil luas bumi. Tak heran, seluruh cahaya matahari dapat tertutup oleh bulan pada saat gerhana matahari total.

(Visited 229 times, 1 visits today)