Inilah 10 Keutamaan Bersilaturahmi

680 views
silaturahim

Dailymoslem –  Selamat Hari Raya Idul Fitri Shaleh wa Shaleha! Alhamdulillah akhirnya kita berhasil melalui bulan Ramadhan ini. Semoga saja ibadah  yang telah mantap itu tidak berakhir begitu saja seiring dengan barakhirnya bulan Ramadhan ini.

Salah satu agenda yang paling banyak dilakukan pada Hari Raya Idul Fitri seperti ini adalah bersilaturahmi. Entah itu dengan keluarga besar, tetangga, teman-teman dan lain sebagainya. Silaturahmi sendiri adalah ibadah yang dianjurkan oleh agama. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

…Dan bertakwalah kepada Allah yang (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (Q.S An-Nisaa: 1)

Subhanallah, bahkan Allah secara langsung memerintahkan kita untuk terus memelihara tali silaturahmi. Seperti yang kita ketahui bahwa tidak ada satupun anjuran Allah yang tidak memiliki hikmah, maka bersilaturahmi pun memiliki manfaat yang luar biasa. Apa sajakah itu? Berikut adalah manfaat dari bersilaturahmi:

  1. Mendapatkan ridho dari Allah Shubhanallaahu wa Ta’la.
  2. Membuat orang yang kita dikunjungi berbahagia. Hal ini amat sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, yaitu “Amal yang paling utama adalah membuat seseorang berbahagia.”
  3. Menyenangkan malaikat, karena malaikat juga sangat senang bersilaturahmi.
  4. Disenangi oleh manusia.
  5. Membuat iblis dan setan marah.
  6. Memanjangkan usia.
  7. Menambah banyak dan berkah rejekinya.
  8. Membuat senang orang yang telah wafat. Sebenarnya mereka itu tahu keadaan kita yang masih hidup, namun mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Mereka merasa bahagia jika keluarga yang ditinggalkannya tetap menjalin hubungan baik.
  9. Memupuk rasa cinta kasih terhadap sesama, meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan, mempererat dan memperkuat tali persaudaraan dan persahabatan.
  10. Menambah pahala setelah kematiannya, karena kebaikannya (dalam hal ini, suka bersilaturahmi) akan selalu dikenang sehingga membuat orang lain selalu mendoakannya.

Bukan hanya memberikan kebahagiaan bagi orang yang dikunjungin, namun Allah dan para malaikatnya pun senang akan kegiatan ini.

(Visited 337 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS