Ini Nih Asal Usul Bandung Lautan Api

1133 views

Dailymoslem – Hari ini, 24 Maret 69 tahun lalu seluruh Bandung berkobar lantaran sekitar 200.000 penduduknya membakar habis harta benda dan rumah mereka. Kejadian ini dimotori oleh politik “Bumihangus” yang keluarkan oleh Tentara Republik Indonesia (TRI) agar sekutu tidak bisa menggunakan Bandung secara keseluruhan.

Keputusan untuk membakar seluruh Bandung diambil melalui musyawarah Majelis Persatuan Perjuangan Priangann dihadapan semua kekuatan perjuangan pada tanggal 24 Maret 1946. Kolonel Abdul Haris Nasution selaku Komandan Divisi III, mengumumkan hasil musyawarah tersebut dan memerintahkan rakyat untuk meninggalkan Kota Bandung dan mengungsi ke Pegunungan Selatan.

Pertempuran sengit mulai terjadi karena tentara Inggris mulai menyerang. Pertempuran paling parah terjadi di Desa Dayeuhkolot karena terdapat pabrik mesiu milik sekutu yang hendak di hancurkan oleh TRI. Gudang mesiu tersebut akhirnya dapat di ledakan dengan granat tangan yang dilempar oleh Muhammad Toha dan Ramdan. Sayangnya kedua pemuda tersebut ikut terbakar didalam ledakan.

Hanya butuh waktu tujuh jam untuk membuat seluruh Bandung menyala oleh api yang menghanguskan. Pembumi hangusan Bandung tersebut dinilai menjadi tindakan yang tepat karena kekuatan TRI dan rakyat tidak akan sanggup untuk melawan pihak musuh yang memiliki peralatan lengkap dan kekuatan yang jauh lebih besar. Selanjutnya TRI bersama rakyat melakukan perlawanan secara gerilya dari luar Bandung. Peristiwa ini melahirkan lau “Halo-Halo Bandung” yang memiliki semangat untuk membakar daya juang rakyat Indonesia.

Istilah Bandung Lautan Api tersebut muncul dari tulisan seorang wartawan bernama Atje Bastaman yang dimuat di harian Suara Merdeka tanggal 26 Maret 1946. Atje menyaksikan Bandung yang terbakar dari Gunung Leutik di sekitar Pameungpeuk, garut. Dari sana lah ia melihat bandung yang memerah di lahap api.

Setibanya ia di Tasikmalaya, Atje langsung menulis berita yang diberi judul Bandoeng Djadi Laoetan Api. Namun, karena kurangnya ruang untuk judul tulisanya tersebut, maka judul tersebut dipersingkat menjadi Bandoeng Laoetan Api.

 

 

 

(Visited 489 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]