Ini Dia Risiko Memakai Lensa Kontak

114 views Leave a comment
Ini Dia Risiko Memakai Lensa Kontak

Dailymoslem – Lensa kontak dianggap sebagai salah satu solusi bagi penderita mata minus. Hanya memakai satu lapisan yang ditempelkan di bola mata, mereka memiliki kelainan mata bisa melihat dengan jelas kembali.

Dengan berbagai warna iris yang disediakan, lensa kontak juga akhirnya menjadi salah satu bagian dari riasan wajah. Banyak wanita yang mengaku lebih percaya diri saat menggunakan lensa tersebut, iris matanya menjadi lebih besar sehingga membuat mata tampak lebih indah.

Meskipun memiliki banyak manfaat, ternyata memakai lensa kontak pun dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan mata. Bahkan dapat memicu kebutaan jika tidak diberikan penanganan dengan segera. Beberapa risikonya adalah:

Keratitis

Keratitis merupakan peradangan mata akibat cedera ringan karena pemakaian lensa terlalu lama. Gejala yang menandainya adalah mata yang memerah, sulit membuka mata, terasa sangat perih, penglihatan menjadi buram, sensitif terhadap cahaya serta terasa ada yang mengganjal didalam mata.

Mata Kering

Memakai lensa kontak terlalu lama dalam ruanagan ber-AC memang akan memicu mata kering. Pada kondisi ini, mata tidak memproduksi air dengan cukup sehingga membuat mata menjadi kering dan cepat perih. Hal yang pertama kali harus dlakukan saat mengalami ini adalah meneteskan tetes mata, namun ketika mata menjadi sakit dan terasa berpasir maka lensa kontak harus segera di lepas dan sebaiknya tidak digunakan untuk beberapa hari kedepan.

Abrasi Kornea

Hal ini terjadi karena kornea mata terinfeksi lensa kontak yang kotor. Paabli tidak diatasi dengan baik, kondisi ini akan membuat mata menjadi sangat tidak nyaman bahkan menimbulkan gangguan penglihatan yang berlangsung selamanya.

Konjungtivitis 

Mata merah, terasa gatal dan perih dan terus berair ini merupakan tanda dari konjungtivitis. Hal ini disebabkan oleh iritasi aau infeksi bakteri dari lensa kontak yang kotor.

Untuk mengatasi hal itu, kita harus menjaga lensa kontak agar tetap bersih setiap saat. Melepasnya ketika hendak tidur dan jika akan berenang.

Semoga bermanfaat.

 

Baca juga:

Manfaat Buah Takokak Untuk Mata Minus

Bersihkah Buah Dan Sayur Yang Anda Makan? Coba Cuci Dengan 3 Cara Ini

 

 

(Visited 84 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS