Ini Dia Dosa Yang Mengintai Saat Beli Baju Lebaran

779 views
belanja baju

Dailymoslem – Sudah menjadi sebuah budaya masyarakat Indonesia, jika menjelang Hari Raya Idul Fitri seperti ini orang-orang akan sibuk dengan yang namanya baju bedug. Tak heran, hampir semua mall dan toko penuh sesak oleh kerumunan orang.

Mulai dari baju, sepatu, tas, kerudung, peci dan hal yang lainnya mengalami peningkatan dalam penjualan. Bahkan ada lho yang sampai untung berkali-kali lipat dibanding dengan penjualan pada bulan-bulan sebelumnya. Berkah Ramadhan, mereka bilang.

Hati-hati ada dosa dibalik itu semua

Membeli baju lebaran memang tidak dilarang. Apalagi disunnahkan memakai pakaian paling baik saat shalat idul Fitri. Tapi, bijaksanalah saat membeli jangan sampai termasuk kedalam perbuatan israf.

Israf adalah membelanjakan atau memberikan sesuatu dengan berlebih-lebihan dengan tujuan yang tidak tentu. Perilaku seperti ini sangat tidak disukai oleh Allah, karena tujuannya saja sudah tidak jelas dan hanya memuaskan nafsu semata. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“…Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (Q.S Al-A’raf:31)

Kebanyakan orang membeli baju bedug (baju lebaran) dengan membabi buta. Mentang-mentang dapat dana THR dan amplop dari sanak saudara. Selama ini kan kita puasa untuk belajar menahan hawa nafsu, jika belanja baju lebaran sudah hilang kendali berarti makna puasanya harus diperhatikan lagi.

Apalagi jika tujuan membeli baju baru tersebut untuk pamer saat Hari Raya. Wah, bahaya laten itu. Baju baru sih baju baru, tapi kan jiwa kita seharusnya ikut baru. Menjadi jiwa yang lebih baik dari hari-hari dan tahun-tahun sebelumnya.

Jika sebelumnya kita masih keceplosan ‘ria’ mengumbar-umbar harta, ya tahun ini sebaiknya jangan. Kadang, manusia yang paling baik adalah manusia yang terus menerus memperbaiki diri sampai hayat tak dikandung badan lagi.

Semangat menjadi fitri yang hakiki ya guys!

(Visited 1,428 times, 1 visits today)