Ini Dia 3 Jenis Investasi Yang Tak Akan Pernah Buat Anda Rugi

1202 views

Dailymoslem – Banyak masyarakat yang mengeluh bahwa sekarang semua harga naik. Bahan-bahan pokok pun harganya selangit dan sulit untuk dijangkau sebagian kalangan. Lebih dari itu, makanan-makanan plasu mulai beredar karena ada oknum yang menyalahgunakan keadaan ini. Sebut saja beras sintetis yang sedang marak diperbincangkan. Atau telur palsu yang pada 2008 menghebohkan Indonesia dan masih banyak lagi.

Salah satu yang mendorong adanya makanan palsu ini adalah momen kesulitan ekonomi yang disalah gunakan oleh oknum-oknum yang tak bertanggung jawab. Masyarakat umumnya mencari harga yang paling murah karena alasan keuangannya yang tak mencukupi.

Untuk menangani masalah itu, sekarang masyarakat mulai menyadari pentingnya berinvestasi. Menyisihkan sebagaian keuangannya untuk diikutsertakan dalam reksadana, saham, deposito dan sebagainya.

Namun, tahukah Anda jika ada tiga jenis investasi yang tidak akan pernah merugikan. Tiga jenis investasi ini meskipun mungkin sulit untuk dijalankan, namun mampu menopang kehidupan Anda dikemudian hari. Tiga jenis investasi ini adalah:

Menginvestasikan sebagian pendapatan pada sedekah jariyah

Menyisihkan sebagian harta untuk membangun sebuah mushala atau mesjid akan membuat Anda menerima pahala yang terus mengalir di akhirat kelak. Meskipun Anda sudah meninggal, jika ada orang yang menggunakan mushala atau mesjid yang telah Anda bangun, maka Allah akan memberikan pahala secara terus menerus tanpa terputus.

Sedekah jariyah bukan hanya berbentuk mesjid atau tempat ibadah, namun apa saja yang bisa berguna untuk banyak orang. Sesuatu yang akan terus digunakan oleh orang lain dan berguna untuk kehidupannya. Seperti memberikan sejumlah Al-Quran, mukena, atau buku-buku pelajaran pada orang yang membutuhkan.

Menginvestasikan ilmu yang kita miliki sehingga bermanfaat bagi orang lain

Memiliki banyak ilmu yang didapatkan dari bangku sekolah atau perguruan tinggi, sebaiknya di bagikan kembali pada orang lain yang mungkin tak memiliki kesempatan yang sama dengan kita. Alangkanh beruntungnya seorang guru yang selalu mengajarkan ilmu pada anak didiknya sehingga kelak ketika mereka sudah dewasa ilmu tersebut dapat berguna bagi kehidupannya.

Jika sudah seperti itu, Insha Allah pahala akan datang mengalir pada kita meskipun nyawa sudah tak dikandung badan.

Menginvestasikan tenaga, pikiran serta dana untuk mendidik anak agar menjadi seorang yang shaleh

Menjadi orang tua yang selalu mengajarkan anaknya untuk selalu menjauhi larangan-larangan Allah dan menjalankan perintah-Nya adalah salah satu investasi paling menguntungkan. Jika sang anak tumbuh menjadi seorang shaleh atau shaleha, maka saat ia mendoakan kita doanya akan diijabah. Bahkan saat kita telah wafat doa-doa tersebut menjadi pahala bagi kita di akhirat. Subhanallah.

Itulah tiga jenis investasi yang mampu menopang kehidupan Anda di kemudian hari setelah nyawa sudah tak bersatu dengan jasad. Pahala akan terus mengalir selama apa yang telah kita investasikan berguna dan bermanfaat bagi orang lain. Jadi maukah Anda memulai berinvestasi dalam hal ini?

(Visited 706 times, 1 visits today)