Ingin Tampil Cantik Saat Hamil, Sebaiknya Hindari Zat-Zat Kosmetik Berikut Ini

110 views Leave a comment
Tips Atasi Mood Swing Di Awal Kehamilan

Dailymoslem – Tampil cantik setiap saat sudah menjadi tujuan bagi setiap wanita. Sehingga, semua hal yang berhubungan kecantikan seperti make-up pastinya menjadi hal yang biasa digunakan oleh para wanita.

Meski selalu ingin tampil cantik, namun jika sedang dalam masa kehamilan ada baiknya Anda memperhatikan kandungan kosmetik yang digunakan. Beberapa kandugan kosmetik tersebut ternyata ada yang dapat mempengaruhi janin hingga menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Sehingga, bahan-bahan dibawah ini sebaiknya dihindari.

Retinoid

Zat ini berguna untuk mempercepat regenerasi sel. Biasanya terdapat pada krim-krim jerawat. Sayangnya, meski mampu mengobati masalah kulit, turunan vitamin A ini dapat menyebabkan kecacatan pada janin.

Hydroquinone

Dalam masa kehamilan ada beberapa wanita yang mengalami penghitaman pada kulit wajah, oleh karena itu banyak ibu hamil yang menggunakan zat hydroquinone untuk mengatasinya. Namun demikian bercak hitam pada kulit tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Jadi sebaiknya hindari zat tersebut karena akan membuat kulit kemerahan bahkan menimbulkan bercak hitam yang sulit hilang.

Merkuri

Zat satu ini tidak hanya berbahaya untuk ibu hamil tetapi untuk semua orang yang memakainya. Kandungan merkuri dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada janin. Bahkan merusak organ-organ dalam jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Salicylic Acid (BHA)

Bahan yang biasanya terdapat pada produk anijerawat ini sebaiknya dihindari. Meskipun pemakaian dalam konsentrasi kurang dari 2% sudah terkategori aman namun sebaiknya pilih sabun atau krim yang tidak mengandung bahan ini.

Rodhamin

Sudah ada keterangan larangan khusus untuk penggunaan bahan ini. Meski begitu masih saja terdapat kosmetik yang menggunakannya. Biasanya Rodhamin terdapat pada kosmetik yang berwarna mencolok.

Selain zat-zat di atas, masih ada beberapa zat yang sebaiknya dihindari oleh para ibu hamil. Agar ibu dan janin dapat terhindar dari efek buruk zat berbahaya tersebut ada baiknya konsultasikan produk apa saja yang boleh dikenakan pada dokter yang sudah ahli.

 

Baca juga:

Bahan Dapur Yang Bisa Dijadikan Make-up Remover Dadakan

4 Tips Make-up Agar Lipstik Tahan Lama

Jangan Gunakan Make-Up Juga Sudah Lewat Waktu Ini

Makanan yang Perlu Dihindari Ibu Hamil untuk Jaga Kesehatan Janin

Cara Ampuh Atasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil

(Visited 148 times, 1 visits today)