Indahnya Mesjid Shah Cheragh, Iran Bak Gua Bertabur Kristal

731 views Leave a comment
FI

Dailymoslem – Sebuah masjid indah bak gua yang menyimpan ribuan kristal benar-benar ada di dunia. Tepatnya di Iran. Masjid bernama Shah Cheragh mampu menghipnotis para peziarah dan wisatawan dengan keindaannya.

Shah Cheragh sendiri memiliki arti King Of Light atau Rajanya cahaya. Mesjid ini terbuat dari jutaan pecahan kaca kecil yang dapat memantulkan cahaya keberbagai penjuru mesjid, sehingga membuat mesjid ini nampak gemerlap indah.

emerald-tomb-ceiling-shah-cheragh-shiraz-iran-19

emerald-tomb-ceiling-shah-cheragh-shiraz-iran-3

emerald-tomb-ceiling-shah-cheragh-shiraz-iran-1

Meskipun terkenal dengan keindahannya, ternyata masjid Shah Cheragh ini menyimpan cerita mistis didalamnya. Menurut sebuah cerita, pada tahun 900 Masehi seorang wisatawan melihat secercah cahaya yang berkilauan dari sebuah tempat. Saat dihampiri, ternyata cahaya tersebut berasal dari kuburan dengan sosok mayat berbaju besi yang merupakan tokoh muslim setempat. Tempat tersebut pada akhirnya menjadi tujuan ziarah penganut syiah dan mengalami pengembangan infrastruktur yang kompleks.

emerald-tomb-ceiling-shah-cheragh-shiraz-iran-11

emerald-tomb-ceiling-shah-cheragh-shiraz-iran-10

Meskipun masjid ini telah mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh beberapa faktor seperti, ulah jahil manusia, perubahan waktu dan gejala alam, namun hingga sekarang masjid dalam keadaan kokoh karena perbaikan yang dilakukan terus menerus.

(Visited 1 times, 1 visits today)