Iman Aldebe, Muslim Fashion Designer yang Mencetak Prestasi Dari Paris Hingga New York

104 views Leave a comment
Iman Aldebe, Muslim Fashion Designer yang Mencetak Prestasi Dari Paris Hingga New York

Dailymoslem – Menjadi putri dari seorang imam masjid tak menjadikan karir Iman Aldebe di begitu mulus di bidang fashion design. Iman justru harus menghadapi berbagai kritikan atas jalan yang dipilihnya, namun hal tersebut tidak penah membuatnya menyerah.

Sebagai putri seorang imam, Iman Aldebe memiliki beban sosial dalam bertindak dan berpenampilan. Dalam kehidupan sehari-harinya, Iman harus selalu tampil sederhana dengan pakaian yang warnanya itu-itu saja.

Iman yang memiliki passion di bidang musik menganggap hal tersebut sebagai hal yang membosankan, ia sangat suka bereksperimen dengan make-up dan warna-warna pakaian yang ceria. Maka, selain berpenampilan selalu berbeda dari para wanita di komunitasnya, Iman pun akhirnya mempelajari fashion design saat berusia 16 tahun.

Iman menyadari bahwa kegemarannya di bidang fashion design bukan hanya sekedar hobi, ia menemukan bagian dari dirinya di dalam dunia fashion design. Iman memulai karirnya dengan mendesign gaun untuk wisuda dan seragam pernikahan untuk teman-teman dan keluarga, hingga akhirnya karya Iman menjadi salah satu ikon di dunia fashion design di dunia.

Menghadapi Berbagai Kritik

Dalam perjalanan karirnya, Iman harus mengalami berbagai kritik baik dari kaum non-Muslim maupun kaum Muslim sendiri. Terutama setelah peristiwa teror 11 September di Amerika, saat komunitas hijabers di dunia mengalami masa-masa tersulit. Sementara itu, beberapa orang di komunitas Muslim-nya sendiri juga menganggap bahwa apa yang dikerjakan Iman ini tidak pantas.

Bukannya menyerah, Iman Aldebe malah terus memacu dirinya untuk menciptakan gaya hijab yang bisa digunakan para wanita Muslim dengan nyaman untuk ke kantor, hijab yang bisa cocok dengan seragam polisi wanita, bahkan hijab yang juga bisa cocok dengan seragam tentara.

Meski disuguhi berbagai kesulitan, Iman justru terus menggali cara untuk memberikan kemudahan bagi para wanita Muslim untuk tetap berhijab dalam pekerjaan sehari-harinya. Iman Aldebe tidak hanya merancang busana, Iman juga mematahkan stereotip yang menganggap bahwa seorang Muslim berhijab tidak bisa menjalani pekerjaan-pekerjaan tertentu yang dianggap orang tidak pantas, seperti menjadi pengusaha, menjadi polisi, tentara, dan pekerjaan tak umum lainnya bagi wanita berhijab.

Fashion adalah seni, dan seni adalah hal positif yang dapat menghilangkan prasangka bahwa wanita Muslim itu tertekan. Aku ingin terus merancang busana yang bisa membuka jalan kesempatan untuk (para wanita Muslim -red.) dan mengubah persepsi orang (tentang wanita Muslim -red.) – Iman Aldebe

Sumber: Mvslim.com

(Visited 109 times, 1 visits today)