Ilmuwan Katakan Bahwa Vitamin D Efektif Cegah Kanker Payudara

95 views Leave a comment
Ilmuwan Katakan Bahwa Vitamin D Efektif Cegah Kanker Payudara

Dailymoslem – Kanker payudara adalah momok yang sangat mengerikan bagi para perempuan. Meski sebenarnya kanker ini juga bisa menyerang laki-laki, namun hampir seluruh kasus kanker payudara menunjukkan bahwa perempuan jauh lebih rentan untuk mengidapnya.

Data yang didapat dari GLOBOCAN pada tahun 2012 silam, sebanyak 43,3 persen perempuan yang mengidap kanker menderita kanker payudara. Jumlah tersebut tentu sangat besar dibandingkan dengan penyakit kanker yang meyerang bagian tubuh lainnya.

Dengan jumlah angka yang sangat besar, pencegahan kanker payudara jadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Brian Feldman dari bagian pediatrik Stanford University, akhirnya menemukan titik terang mengenai pencegahan kanker payudara yang selama ini masih menjadi misteri.

Setelah melakukan percobaan laboratorium pada sejumlah tikus, diketahui bahwa sebagian tikus yang kekurangan vitamin D mengalami perkembangan sel kanker dengan sangat cepat dibanding tikus yang memiliki asupan vitamin D yang cukup.

Feldmen mengakui bahwa pada penelitian-penelitian lain, vitamin D kerap disangkut pautkan dengan pertumbuhan sel kanker. Seperti kanker prostat atau usus. Namun karena hasil yang cukup beragam, para ilmuwan hingga saat ini belum yakin seratus persen untuk menyatakan manfaat asupan vitamin untuk mencegah perkembangan sel kanker.

Meski demikian, penelitian yang dilakukannya juga penelitian lain mengenai kanker payudara sudah cukup menunjukkan bahwa para penderita kanker tersebut akan lebih baik jika mulai menjaga asupan vitamin khususnya vitamin D. Namun Feldmen juga menambahkan bahwa asupan vitamin D yang terlalu banyak malah akan mengganggu sistem ginjal dan menimbulkan masalah lainnya. Sehingga vitamin D yang dikonsusmi tidak boleh terlalu berlebihan namun harus cukup.

“Meski masih banyak riset yang harus dilakukan, riset dari laboratorium kami dan beberapa lainnya menunjukkan bahwa orang-orang yang berisiko kanker payudara sebaiknya menjaga tingkat vitamin D-nya,” kata Feldman seperti dikutip dari MedicalDaily

Baca juga:

Menyesatkan! Mitos Tentang Kanker Payudara Ini Tidak Benar

2 Hal Ini Bisa Mengindikasikan Kanker Payudara

Pria Di Harapkan Mulai Waspada, Karena Kanker Payudara Pada Pria Jauh Lebih Ganas!

(Visited 115 times, 1 visits today)