I Wayan Sumardana, Real Life Iron Man Dari Bali

153 views Leave a comment
I Wayan Sumardana, Real Life Iron Man Dari Bali

Dailymoslem – Nama I Wayan Sumardana alias Tawan langsung viral di media sosial. Pasalnya, pria asal Bali ini memiliki tangan robot bak Tony Stark. Bukan sekedar untuk bergaya atau pamer di media sosial, tangan robot Tawan memang digunakan untuk bekerja sehari-hari. Hal ini dia lakukan karena tangan kirinya lumpuh sejak 6 bulan yang lalu.

Melalui kepintarannya dan  tuntutan hidup yang semakin membelit, Tawan kemudian membuat tangan robot untuk membantunya bekerja. Apabila diperhatikan lebih detail, robot tangan tersebut terbuat dari barang-barang bekas seperti dinamo, komputer dan juga sparepart sepeda motor.

Dilansir dari tempo.co untuk menggerakan tangan komputer tersebut Tawang menggunakan chip yang menempel di kepalanya. Nantinya, sinyal dari kepalanya yang dihubungkan dengan kabel dan rangkaian elektronik akan memapu menggerakan tangan robotnya. Luar biasanya lagi, ia hanya membutuhkan waktu 2 bulan untuk menyelesaikan rancangannya tersebut.

Meski tangan robotnya itu sudah berhasil membantunya bekerja, namun ia masih ingin mengembangkannya lagi agar lebih udah untuk menggerakan jari-jari tangannya.

Di desanya – Nyuhtebel,Karangasem,Bali – Tawan memang sudah lama dikenal sebagai manusia robot karena keahliannya membetulkan segala jenis perabot. Mulai dari sepeda, barang elektronik hingga motor. Dengan kemampuan yang didapatkan dari STM bidang elektronik, ia membuka bengkel sederhana demi menghidupi anak dan istrinya dan hanya bekerja sendirian.

 

 

 

(Visited 614 times, 1 visits today)