Hukum Shalat Jumat Setelah Shalat Ied

630 views
shalat id

Dailymoslem – Hari Raya idul Fitri tahun ini, kemungkinan besar bertepatan dengan hari Jumat. Itu tandanya kita akan menjumpai dua hari besar sekaligus. Namun ada pertanyaan perihal shalat Jumat, jika bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri ataupun Idul Adha.

Bagaimana hukum shalat Jumat setelah kita melakukan Shalat Sunnat Idul Fitri atau Adha?

Zaid bin Arwam Radhiyallahu Anhu mengatakan bahwa Muawiyah bin Sufyan Radhiyallahu Anhu pernah bertanya kepadanya:

Apakah anda pernah mengikuti hari raya yang bertepatan dengan hari jumat di aman Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam?” “ Lalu apa yang beliau lakukan?”

Jawab Zaid.

Beliau shalat ied dan memberi keringanan untuk tidak shalat Jumat. Beliau berpesan ‘ Siapa yang ingin shalat Jumat, hendaknya dia shalat.” (HR. Ahmad, Abu Daud, Nasai, Ibn Majah, Ad-Darimi)

Selain itu ada haidts lain dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

Pada hari ini terkumpul dua hari raya (Jumat dan Ied). Siapa yang ingin shalat hari raya, boleh baginya untuk tidak Jumatan. Namun kamu tetap melaksanakan Jumatan.” (HR. Abu Daud, Ibn Majah, Ibnul Jarud, Baihaqi dan Hakim)

Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu Anhu, bahwa terkumpul dua hari raya di hari Jumat, beliau berkhutbah setelah shalat ied:

Siapa yang ingin menghadiri Jumatan, silahkan datang. Siapa yang ingin tetap di rumah, silahkan dududk di rumahnya (tidak berangkat Jumatan).” (HR. Ibn Abi Syaiban dan Abdur Razaq)

Nah, dari beberapa hadits diatas dapat disimpulkan bahwa Orang yang telah menghadiri shalat id, mendapat keringanan untuk tidak menghadiri jumatan. Dan dia wajib shalat dzuhur setelah masuk waktu dzuhur. Akan tetapi jika dia tidak mengambil keringanan, dan ikut shalat jumat maka itu lebih utama.

 

(Visited 505 times, 1 visits today)