HOS Tjokroaminoto Movie, Bentuk Apresiasi untuk Sang Guru Bangsa

831 views

Dailymoslem – Baru-baru ini industry film Indonesia kembali diramaikan dengan film yang menceritakan tentang tokoh sejarah, yaitu HOS Tjokroaminoto yang memiliki julukan sebagai Guru Bangsa.

Film yang dibintangi aktor Reza Rahadian ini mulai tayang di bioskop sejak 9 April lalu dan mendapat tanggapan yang positif dari masyarakat sejauh ini.

Disutradarai oleh Garin Nugraha, film ini menceritakan tentang perjuangan Oemar Said Tjokroaminoto (Tjokro) saat memperjuangkan hak-hak orang pribumi pada akhir tahun 1800an. Di tahun tersebut, Hindia Belanda (Indonesia) baru saja terbebas dari era tanam paksa dan mengalami babak baru yaitu Politik Etis oleh pemerintah Belanda.

Meski sudah terbebas dari tanam paksa, namun rakyat masih belum sepenuhnya terbebas dari kemiskinan. Banyak orang yang masih belum bisa mengenyam pendidikan dan jelasnya jurang kesenjangan antar etnis dan kasta.

HOS Tjokroaminoto sendiri terlahir dari keluarga bangsawan dengan berbagai kenyamanan dalam hidupnya. Namun, hal itu tidak membuatnya tinggal diam melihat kesengsaraan rakyat. Dengan dasar keislamannya yang kuat, HOS Tjokroaminoto mulai memperjuangkan hak-hak rakyat dengan mendirikan Sarekat Islam, organisasi bumiputera pertama dan terbesar kala itu.

Berbagai keahlian lain yang dimilikinnnya seperti jago silat, ahli mesin, kemampuan ber-orator dan kemampuan menulis surat kabar yang kritis membuat HOS Tjokroaminoto sukses dengan Sarekat Islam. Beliau mengumpulkan para pemuda dan mendidik mereka agar menjadi pribumi yang cerdas dan bermartabat. Beliau juga merupakan guru dari beberapa tokoh besar di Indonesia seperti Soekarno dan Kartosuwiryo. Di tengah kesuksesannya membangun kesadaran masyarakat untuk mengangkat harkat dan martabat mereka, HOS Tjokroaminoto dihadapkan dengan perpecahan dalam organisasi Sarekat Islam sendiri.

Wah, tampaknya seru sekali ya film sejarah yang satu ini.

Ada yang sudah nonton?

(Visited 2,394 times, 1 visits today)