Hijaber Ini Dilarang Masuk Bank Karena Ogah Lepas Jilbab

322 views
Hijaber Ini Dilarang Masuk Bank Karena Ogah Lepas Jilbab

Dailymoslem – Di dunia barat, Islam memang kerap dipandang sebelah mata, terutama kaum wanitanya yang mengenakan hijab. Kain yang menutupi kepala perempuan tersebut dianggap aneh dan tidak lazim. Itulah yang dialami oleh Muslim Arab yang tinggal di Amerika, yaitu Nadia. Ia diminta melepas jilbabnya di tengah ruang publik sebagai syarat untuk memasuki bank.

Petugas mengklaim bahwa hal tersebut harus dilakukan demi keamanan, setiap orang yang memasuki bank tersebut harus melepas kacamata dan topi, termasuk penutup kepala seperti kerudung untuk keperluan identifikasi.

Di tengah kesibukan bank, Nadia diminta melepaskan kerudungnya sebentar kemudian memakainya lagi untuk keperluan identifikasi. Namun, Nadia menolaknya dengan mengatakan bahwa ia hanya boleh memperlihatkannya pada keluarga dekat. Hasilnya, Nadia tidak diijinkan memaski bank tersebut.

“Seorang petugas perempuan meminta melepas jilbabnya sebentar lalu memakainya lagi, tapi Nadia bilang tidak bisa karena ini adalah area publik, hanya keluarga dekat yang boleh melihatnya tanpa kerudung,” tutur Fatah, suami Nadia dilansir dari wolipop.detik.com.

Mengenai hal ini, Dawud Walid, perwakilan dari Dewan Hubungan Islam Amerika (Council on American Islamic Relation/CAIR) berpendapat bahwa kalau memang itu demi keamanan, maka artinya semua wanita berhijab di Amerika tidak boleh memasuki bank. Padahal wanita berhijab diperbolehkan mendapatkan SIM dan paspor yang menandakan bahwa mereka memiliki hak yang sama seperti masyarakat lain.

“Ini hanya tentang kebijakan kaku dan orang-orang yang keras kepala di zaman modern ini,” tutur Walid. CAIR juga mengakui bahwa Nadia bukanlah Muslim pertama yang mendapat perlakuan demikian. Pihak CAIR meminta pihak bank untuk mengeluarkan konfirmasi bahwa mereka menghormati semua agama.

“Kita menghormati semua agama dan melayani semua pelanggan. Untuk keselamatan pelanggan serta karyawan. Kita memiliki kebijakan keamanan untuk melepaskan sebentar topi, kaca mata hitam, kerudung, atau penutup kepala lainnya. Ini agar memudahkan identifikasi setiap orang. Keselamatan dan keamanan pelanggan dan karyawan adalah tanggung jawab utama kami,” itulah konfirmasi dari pihak bank yang dilayangkan melalui sebuah surat pernyataan.

(Visited 242 times, 1 visits today)